Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Buat "Nge-vlog" Sony ZV-1 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 23/07/2020, 16:43 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan secara internasional pada akhir Mei lalu, Sony ZV-1 kini sudah resmi dipasarkan di Indonesia. Kamera saku ini ditujukan untuk penggemar vlogging dan video kasual.

President Director PT Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama mengatakan bahwa konsumen muda dari Generasi Z dan millenial menunjukkan minat untuk beralih ke kamera digital untuk merekam video, setelah sebelumnya biasa memakai smartphone.

“Inilah kesempatan bagi Sony Indonesia untuk memperkenalkan kamera digital ZV-1,” ujar Makiyama dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Panasonic Luncurkan Kamera Vlogging Lumix G1000

Dilihat sekilas, bentuk Sony ZV-1 mirip dengan seri kamera Sony lainnya, yakni RX100, namun dengan beberapa perbedaan fitur yang dioptimalkan untuk video.

Bagian top plate ZV-1, menunjukkan mikrofon, multi interface hotshoe, dan tombol khusus Background Defocus di samping tombol shutter.Sony Bagian top plate ZV-1, menunjukkan mikrofon, multi interface hotshoe, dan tombol khusus Background Defocus di samping tombol shutter.

ZV-1, misalnya, dibekali dengan hotshoe dan konektor audio 3,5 mm yang bisa digunakan untuk memasang mikrofon eksternal.

Layar sentuh 3 inci di belakang bisa diputar dengan engsel menyamping (articulated) sehingga menghadap ke depan tanpa menghalangi mikrofon di atas.

Selain menggunakan mic eksternal, pemilik ZV-1 juga bisa memanfaatkan mikrofon terintegrasi berjenis “directional 3-capsule” yang dioptimalkan untuk menangkap suara dari arah depan, sambil meminimalisir suara dari samping dan belakang.

Baca juga: Ini Aksesori yang Wajib Dibawa saat Memotret dan Vlogging dengan Smartphone

Mic terintegrasi dibekali dengan wind screen untuk meredam suara angin. Wind screen sudah termasuk dalam paket penjualan Sony ZV-1.

Sony ZV-1 dengan aksesori shooting grip VCT-SGR1
Sony Sony ZV-1 dengan aksesori shooting grip VCT-SGR1
Sony membekali ZV-1 dengan sensor 1 inci dengan resolusi 20,1 MP dan prosesor gambar Bionz X. Lensanya memiliki focal length ekuivalen full frame 24-70 mm (f/1.8-2.8).

Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 4K 24/30 FPS, atau slow motion hingga 960 FPS. Ada juga fasilitas interval recording untuk timelapse, serta dukungan profil gamma HLG, S-Log3, dan S-Gamut3.cine untuk mereka yang ingin melakukan grading video.

Di Indonesia, Sony ZV-1 sudah bisa dipesan lewat pre-order di seluruh Sony Authorized Dealers mulai 23 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang.

Harga Sony ZV-1 di Indonesia dipatok Rp 10 juta.

Bagi yang memesan di masa pre-order, bekesempatan mendapatkan bonus paket bundling adaptor kabel dan aksesori shooting grip VCT-SGR1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com