Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Cara Mengambil "Screenshot" di Komputer Mac

Kompas.com - 27/07/2020, 10:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Screenshot atau yang juga sering disebut screen capture merupakan suatu fitur untuk menangkap tampilan yang sedang dilihat di layar perangkat.

Fitur screenshot telah tersedia dan dapat diakses diberbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, laptop, komputer, hingga pada konsol gaming.

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol sebagai shortcut, atau menggunakan aplikasi tertentu. Lantas bagaimana cara menangkap layar (screenshot) di perangkat Mac?

Baca juga: Tinggalkan Intel, Apple Pakai Prosesor Buatan Sendiri untuk Mac

Apple rupanya telah menyiapkan dua cara mudah untuk melakukan screenshot di perangkat Mac. Pengguna dapat memilih menggunakan aplikasi bawaan macOs atau cara konvensional dengan menekan beberapa tombol keyboard tertentu.

Selengkapnya, berikut merupakan cara-cara untuk screesnhot pada perangkat Mac sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (27/7/2020).

Screenshot menggunakan aplikasi

Dalam dua versi terbaru macOS, -Mojave dan Catalina- terdapat sebuah aplikasi baru yang hadir untuk membantu pengguna dalam melakukan screenshot.

Untuk mengaktifkan aplikasi bawaan ini, pengguna hanya perlu menekan tombol Shift + Command + 5 secara bersamaan.

Kemudian, aplikasi akan muncul pada layar dengan delapan fungsi tombol yang terletak pada bagian bawah layar perangkat Mac.Tombol pertama memiliki fungsi untuk menangkap tampilan pada layar secara keseluruhan.

Baca juga: Apple Umumkan MacOS Big Sur, Pertama Mendukung ARM

Sementara, tombol kedua berfungsi untuk merekam video dan tombol ketiga berguna untuk melakukan screenshot pada bagian tertentu di layar.

Ada pula tombol 'Options' di mana pengguna bisa memilih lokasi tempat penyimpanan hasil screenshot, mengatur durasi delay, dan menampilkan atau menyembunyikan kursor mouse.

Hasil tangkapan layar dapat diabadikan dengan menekan menu 'Capture' yang ada di pojok kanan aplikasi.

Screenshot dengan kombinasi tombol keyboard

Berbeda dengan proses menangkap layar (screenshot) menggunakan aplikasi, cara ini terbilang sedikit lebih rumit karena setiap kombinasi tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Untuk menangkap tampilan layar secara menyeluruh, pengguna dapat menekan tombol Shift + Command + 3 secara bersamaan.

Pengguna juga dapat menyalin layar pada bagian tertentu. Caranya adalah dengan melakukan kombinasi antara tombol Shift + Command + 4. Selanjutnya, geser kursor pada area yang ingin di-screenshot.

Baca juga: Hati-hati, Ransomware Baru Mulai Menyerang MacOS

Terakhir, terdapat opsi untuk mengambil gambar pada jendela atau menu tertentu. Tekan tombol Shift + Command + 4, dilanjutkan dengan menekan tombol spasi.

Kursor mouse akan secara otomatis berubah menjadi ikon kamera. Selanjutnya, pengguna dapat mengarahkan dan memilih kursor pada jendela yang ingin di-screenshot.

Secara default, hasil screenshot akan tersimpan pada desktop dengan format nama "Screen Shot [tanggal] at [waktu]". Adapun contohnya seperti: "Screen Shot 2020-07-07 at 9.30.12 AM.png".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com