Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Diunduh Lebih dari 1 Miliar Kali di Google Play Store

Kompas.com - 03/08/2020, 08:03 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Netflix mencatatkan rekor baru. Layanan video streaming on-demand ini telah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Google Play Store.

Angka tersebut jauh melampaui layanan streaming sejenis.

Sebut saja Amazon Prime yang jumlah unduhannya pada level 100 juta hingga 500 juta kali, kemudian Hulu yang diunduh antara 50 juta sampai 100 juta kali, dan HBO Go yang jauh di bawah dengan lima juta kali diunduh pengguna.

Tingginya jumlah unduhan ini tak lepas dari pandemi Covid-19, yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah menonton film lewat aplikasi streaming, termasuk Netflix.

Bahkan pada bulan Maret lalu, Netflix berinisiatif menurunkan kualitas streaming videonya di wilayah Eropa. Tujuannya tak lain untuk mencegah terjadinya lonjakan trafik dan mengurangi bandwidth internet.

Baca juga: Netflix Uji Coba Paket Langganan Baru Khusus Smartphone

Langkah tersebut diambil setelah Kepala Industri wilayah Uni Eropa, Thierry Breton, memanggil sejumlah penyedia layanan video streaming dan meminta mereka untuk mengurangi beban infrastruktur internet akibat kebijakan selama pandemi.

Tak hanya Netflix, penyedia layanan video streaming lainnya juga melakukan langkah serupa, termasuk YouTube, Disney Plus, dan Amazon Prime Video.

Meski begitu, Netflix tampaknya akan mendapat perlawanan ketat dari layanan streaming Disney Plus. Pasalnya, meski belum genap satu tahun dirilis layanan ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.  

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (3/8/2020), Netflix sendiri merupakan layanan video streaming on-demand yang dapat diakses melalui sejumlah perangkat seperti smartphone, smartTV, tablet, PC, dan laptop.

Baca juga: Jalan Panjang Telkom-Netflix yang Akhirnya Rujuk

Sejak didirikan pada tahun 1997, Netflix menjadi pelopor penyedia layanan sewa film secara online. Pada saat itu, Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak.

Namun, seiring meningkatnya penetrasi internet, layanan video streaming serupa pun kini semakin bermunculan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com