Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Segera Setop Cortana di iOS dan Android

Kompas.com - 04/08/2020, 09:47 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft berencana untuk menyetop asisten virtual Cortana di perangkat Android dan iOS pada tahun 2021 mendatang.

Selain itu, perusahaan software ini juga akan menghentikan Cortana di speaker pintar Harman Kardon Invoke dan menghapus fungsi orisinal Cortana dari Surface Headphone generasi pertama.

Keputusan ini cukup signifikan mengingat saat ini persaingan internet of things (IoT) yang turut mencakup virtual asisten di dalamnya semakin sengit.

Selain kehadiran Google Assistant, Alexa, atau Siri, beberapa vendor samrtphone juga memiliki asisten virtualnya masing-masing, seprti Breeno milik Oppo atau Xiao AI punya Xiaomi.

Vendor smartphone itu perlahan juga bergerak ke industri IoT dengan menelurkan perangkat pintar. Bulan Februari lalu, Microsoft juga mengubah beberapa kemampuan Cortana di Windows yang akan fokus pada produktivitas.

Pada Windows, Cortana versi upgrade akan membantu penggunanya mengatur jadwal, menambah beberapa item pekerjaan atau mengirim e-mail. Sementara fungsi lama seperti pengontrol musik, mengatur smart home, atau dukungan pihak ketiga akan dihapus.

Fitur-fitur baru Cortana akan disisipkan ke Microsoft 365 serta fitur-fitur Windows 10 yang diubah dan akan terintegrasi dalam aplikasi Outlook dan Microsoft Teams.

Baca juga: Microsoft Akuisisi Startup AI agar Cortana Makin Mirip Manusia

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (4/8/2020), Microsoft juga menawarkan kompensasi berupa kartu hadiah sebesar 50 dollar AS (sekitar Rp 735.000) untuk pemilik speaker pintar Harman Kardon Invoke yang terdampak penghapusan Cortana.

Sementara pemilik Surface Headphone yang juga terdampak akibat dihapusnya Cortana, berhak mendapatkan kartu hadiah sebesar 25 dollar AS (sekitar Rp 367.000).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com