Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Marketing Apple Diganti, Bukan Lagi Phil Schiller

Kompas.com - 06/08/2020, 14:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Phil Schiller adalah salah satu petinggi Apple yang langganan naik panggung tiap kali pabrikan gadget itu memperkenalkan produk baru.

Pekan ini, Apple mengumumkan bahwa Schiller tidak lagi menjabat sebagai bos pemasaran. Posisinya sebagai VP Worldwide Product marketing digantikan oleh Greg Joswiak dari divisi Product Marketing.

Dengan demikain, persoalan hubungan dengan developer, analis pasar, manajemen bisnis, pendidikan enterprise, serta pemasaran internasional bakal berada di bawah kendali Joswiak.

Baca juga: Diperbarui, Apple iMac 27 Inci Kini Lebih Bertenaga

Schiller  sendiri bisa dikatakan pegawai veteran Apple.  Dia telah bekerja di Apple sejak tahun 1987. Selama kurang lebih 30 tahun, Schiller berkiprah di divisi marketing.

Baru-baru ini, Schiller dipercaya mengomandoi acara Worldwide Developers Conference (WWDC) yang digelar secara virtual untuk pertama kalinya.

Greg Joswiak menggantikan Phil Schiller sebagai senior wakil presiden marketing global Apple.Apple.com Greg Joswiak menggantikan Phil Schiller sebagai senior wakil presiden marketing global Apple.
"Adalah mimpi yang menjadi nyata bagi saya bisa bekerja di Apple, (menangani) berbagai produk yang saya cintai, dengan semua teman-teman yang hebat ini, Steve, Tim, dan banyak lagi," kata Schiller dirangkum KompasTekno dari laman resmi Apple, Rabu (5/8/2020).

"Saya mulai bekerja di Apple ketika berusia 27 tahun, tahun ini saya berusia 60 tahun dan waktunya untuk mengubah beberapa rencana hidup saya. Saya akan terus bekerja selama mereka masih memiliki saya" lanjutnya.

Baca juga: Peluncuran iPhone 12 Menyalahi Tradisi Tahunan Apple?

Schiller sendiri belum benar-benar pensiun dari Apple, meski tidak lagi memimpin marketing seperti sebelumnya. Dia kini memiliki jabatan sebagai "Apple Fellow" serta bertanggung jawab mengepalai App Store Apple Events.

Pengganti Schiller, Joswiak, sudah 20 tahun lebih berkecimpung di divisi pemasaran Apple.
Ia pernah terlibat dalam manajemen berbagai produk Apple, termasuk iPod dan iPhone. Joswiak merupakan lulusan dari Ilmu Komputer Universitas Michigan, Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Apple


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com