Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chipset Reno 4 Versi Indonesia Beda dengan China, Oppo Menjelaskan

Kompas.com - 07/08/2020, 10:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi membawa ponsel terbarunya, Reno 4 ke Indonesia. Smartphone ini tampil beda dari seri sebelumnya dan memiliki sejumlah fitur baru.

Ponsel ini sudah lebih dulu diperkenalkan di China pada Juni lalu. Reno 4 versi Indonesia dan China ternyata memiliki perbedaan, salah satunya adalah chipset.

Berbeda dengan Reno 4 versi China yang disokong System-on-Chip (SoC) Snapdragon 765G, Oppo membekali Reno 4 versi Indonesia dengan chipset Snapdragon 720G yang spesifikasinya sedikit lebih rendah. Lantas, apa alasannya?

Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, mengatakan bahwa pemilihan chipset tersebut berkaitan dengan fitur 5G yang kini belum berjalan di Indonesia.

"Snapdragon 765G memiliki modem 5G yang terintegrasi, sementara jaringan 5G belum berjalan di Indonesia," ujar Aryo.

Baca juga: Oppo Reno 4 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Ia menambahkan, jika Oppo memboyong Reno 4 versi 5G ke Indonesia, maka harganya bakal lebih mahal dibanding versi 4G yang ditenagai Snapdragon 720G.

Dengan kondisi tersebut, konsumen harus membayar lebih mahal untuk fitur 5G yang saat ini memang belum bisa dinikmati di Indonesia.

"Jika kami menggunakan prosesor tersebut (SD 765G), kami memaksakan konsumen membayar lebih untuk fitur yang belum tentu berguna," imbuh Aryo.

Meski demikian, Reno 4 versi Indonesia memiliki slot kartu micro SD tambahan, berbeda dengan versi China yang tidak bisa dipasangi oleh memori eksternal.

Sehingga, media penyimpanan 128 GB yang tersemat di Reno 4 bisa diperluas lagi dengan kartu memori dengan kapasitas mencapai 256 GB.

Kemudian, Reno 4 versi Indonesia juga dibekali dengan jack audio 3,5 mm. Berbeda dengan versi China yang "memaksa" konsumen untuk menggunakan earphone wireless atau jack audio adapter.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno 4 di Indonesia

Di China, Oppo juga memiliki Reno 4 versi Pro. Namun, Oppo Indonesia belum dapat memastikan apakah ponsel tersebut juga akan masuk ke Indonesia atau tidak.

Saat ini, pihak Oppo bakal melihat performa penjualan Reno 4 di pasar terlebih dahulu. Setelah itu, baru mereka bakal mempertimbangkan untuk memboyong varian Reno 4 lain ke Tanah Air.

"Kami akan mempertimbangkan varian Reno 4 lain yang akan masuk ke Indonesia. Namun, kami akan melihat bagaimana performa Reno 4 di pasar lebih dulu," pungkas Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com