Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar 120 Hz di Duo Galaxy Tab S7 Bisa Berjalan di Resolusi Maksimal

Kompas.com - 12/08/2020, 10:26 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile


KOMPAS.com -
Dalam acara Galaxy Unpacked yang digelar secara online pada 5 Agustus lalu, Samsung resmi meluncurkan perangkat tablet terbarunya, yakni Galaxy Tab S7 dengan layar 11 inci, dan Galaxy Tab S7 Plus berlayar 12,4 inci.

Kedua tablet ini hadir dengan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh Galaxy Tab S6. Dari segi desain misalnya, Galaxy Tab S7 series memiliki tepian sudut yang lebih tajam. Sementara stylus S Pen yang disertakan pada tablet juga dibuat lebih ramping.

Keunggulan lain yang paling mencolok dari Galaxy Tab S7 series juga dapat ditemukan pada layarnya. Layar Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus diketahui telah mendukung refresh rate 120 Hz, yang memungkinkan pengguna melihat animasi di layar dengan mulus.

Baca juga: Samsung Umumkan Duo Tablet Baru, Galaxy Tab S7 dan S7 Plus

Kemampuan refresh rate 120 Hz juga dapat ditemukan pada Galaxy Note 20 Ultra. Namun, fitur layar 120 Hz itu belum benar-benar bisa digunakan secara maksimal dalam Galaxy Note 20 Ultra.

Sebab, Galaxy Note 20 Ultra hanya bisa menggunakan mode layar 120 Hz pada resolusi full HD Plus saja. Ketika pengguna Galaxy Note 20 Ultra mengaktifkan resolusi maksimum di 3.088 x 1440 (WQHD+), layar akan secara otomatis kembali ke refresh rate 60Hz.

Sementara Galaxy Tab S7 dan Tab S7 Plus  dapat menjalankan mode refresh rate 120 Hz di resolusi penuh masing-masing, yakni 2.560 x 1.600 piksel (Tab S7) dan 2.800 x 1.752 piksel (Tab S7 Plus).

Belum diketahui mengapa Galaxy Note 20 Ultra belum dapat memanfaatkan mode refresh rate 120 Hz sebaik Galaxy Tab S7 series. Namun beberapa rumor menyebut bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh faktor chipset yang diusung perangkat, serta kapasitas baterai.

Galaxy Tab S7 series menggunakan chipset Snapdragon 865 Plus. Sementara di beberapa negara di luar Amerika Serikat, termasuk Indonesia, Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan Exynos 990.

Perbedaan penggunaan chipset tersebut nampaknya telah menimbulkan perbedaan kemampuan fungsional pada Galaxy Note 20 Ultra, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamMobile, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Galaxy Note 20 Ultra Punya Layar 120 Hz, Ini Fungsinya

Sementara rumor lain mengatakan bahwa kapasitas baterai yang dimiliki perangkat juga berpengaruh terhadap penggunaan refresh rate 120 Hz.

Galaxy Tab S7 dibekali baterai 8.000 mAh, dan Galaxy Tab S7 Plus mengusung baterai kapasitas 10.090 mAh. Kapasitas baterai keduanya jauh lebih besar dibandingkan Galaxy Note 20 Ultra yang hanya 4.300 mAh.

Besarnya kapasitas baterai Galaxy Tab S7 series diduga menjadi alasan utama mengapa perangkat dapat menjalankan mode refresh rate 120 Hz pada resolusi penuh. Sebab resolusi layar seperti itu membutuhkan daya baterai yang lebih tinggi.

Jika fitur layar 120 Hz bisa dijalankan di resolusi penuh pada ponsel Note 20 Ultra, kemungkinan akan mempengaruhi umur baterai, sehingga pengalaman pengguna menjadi berkurang.

Baca juga: Apa Itu Angka Refresh Rate 120 Hz di Ponsel Gaming?

Terlepas dari rumor yang beredar, hingga kini pihak Samsung sendiri masih belum memberikan pernyataan terkait perihal ini.

Layar dengan refresh rate 120 Hz sendiri biasanya diusung oleh ponsel flagship atau ponsel gaming. Spesifikasi layar tinggi itu hadir untuk meningkatkan pengalaman penggunaan, seperti menggeser layar dengan mulus, menonton video, atau saat bermain game.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com