Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Gerakan dan Fungsi Baru Air Action di S Pen Galaxy Note 20

Kompas.com - 13/08/2020, 10:11 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperi layaknya ponsel seri note lainnya, duo Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra yang baru saja diperkenalkan oleh Samsung, turut dibekali dengan aksesori pelengkap berupa S Pen.

Pena stylus tersebut kini memiliki latency hanya 9ms pada Galaxy Note 20 Ultra, jauh lebih singkat dibandingkan S Pen Note 10 sebelumnya yang sebesar 42ms.

Jeda antara sentuhan ujung pena di layar dan munculnya tulisan atau garis gambar pun jadi tak terasa. Tapi, bukan hanya itu saja letak peningkatan S Pen di Galaxy Note 20 series.

Samsung turut memperluas fitur Air Action sehingga kini bisa digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi navigasi perangkat tanpa harus menyentuh layar.

Caranya adalah dengan mengarahkan ujung pena S Pen ke layar (tidak menyentuh), menekan dan menahan tombol di stylus, kemudian melakukan salah satu dari lima gerakan sebagaimana tampak dalam gambar di bawah.

S Pen bisa digunakan untuk navigasi di Galaxy Note 20 dengan melakukan sejumlah gerakan di udara (gambar kiri). Saat mendeteksi gerakan, perangkat akan menampilkan indikator di layar (ditandai dengan panah merah) dan menjalankan fungsi yang sesuai, dalam hal ini Smart Select.KOMPAS.com/ OIK YUSUF S Pen bisa digunakan untuk navigasi di Galaxy Note 20 dengan melakukan sejumlah gerakan di udara (gambar kiri). Saat mendeteksi gerakan, perangkat akan menampilkan indikator di layar (ditandai dengan panah merah) dan menjalankan fungsi yang sesuai, dalam hal ini Smart Select.
Masing-masing dari lima gerakan itu bakal menjalankan fungsi navigasi yang berbeda, termasuk "Back", "Home", dan "Recent Apps".

Baca juga: Fitur Baru S-Pen dan Samsung Notes di Galaxy Note 20 Ultra

Dua lainnya adalah "Smart Select" untuk menangkap screenshot di area yang dipilih dengan S Pen, dan "Screen Write" untuk mengambil tangkapan layar, kemudian menggambar di atasnya.

Seperti halnya tombol S Pen yang bisa diatur sebagai shortcut untuk memanggil aplikasi tertentu, pengguna pun bebas menentukan fungsi apa yang dijalankan oleh gerakan-gerakan ini. Gestur Air Actions pun bisa dibuat menjalankan aplikasi tertentu sesuai keinginan.

Di luar itu, S Pen juga dapat digunakan sebagai "remote" untuk aplikasi kamera dan media playback. Pengguna bisa menjepret foto dari kejauhan dengan menekan tombol di S Pen.

Tombol  S Pen bisa digunakan sebagai pintasan untuk menjalankan fungsi atau aplikasi yang dikehendaki (gambar kiri). Pena stylus ini pun dapat dipakai sebagai remote trigger untuk aplikasi kamera dan kendali playback konten lewat gerakan gestur.  KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tombol S Pen bisa digunakan sebagai pintasan untuk menjalankan fungsi atau aplikasi yang dikehendaki (gambar kiri). Pena stylus ini pun dapat dipakai sebagai remote trigger untuk aplikasi kamera dan kendali playback konten lewat gerakan gestur.
Tombol serta gestur pun bisa dipakai menjalankan fungsi-fungsi terkait pemutaran konten, berikut menaik-turunkan volume suara.

Baca juga: Mengenal Teknologi di Balik Layar Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Kamis (13/8/2020), aneka fungsi S Pen di atas dimungkinkan karena pena stylus ini memiliki accelerometer dan gryoscope terintegrasi untuk mendeteksi arah ayunan tangan pengguna.

S Pen tersambung dengan Galaxy Note 20 series melalui koneksi nirkabel Bluetooth LE. Baterai di dalamnya akan diisi secara otomatis saat S Pen dimasukkan ke dalam kompartemen penyimpan di sisi bawah ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com