Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Redmi 9A Masih Pakai Konektor Micro-USB, Bukan Type-C

Kompas.com - 13/08/2020, 17:07 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi resmi memboyong Redmi 9A ke Indonesia dalam sebuah acara peluncuran virtual, Kamis (13/8/2020).

Meski merupakan suksesor dari Redmi 8A yang memiliki konektor USB Type-C, namun Redmi 9A justru dibekali dengan konektor USB konvensional, alias micro-USB.

Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, Redmi 9A menggunakan konektor lawas untuk membuat harga perangkat tersebut semurah mungkin.

"Kami perlu memutuskan apakah pengguna Redmi (A) lebih memilih fitur ekstra atau harga. Untuk penguna Redmi A, kami sadar bahwa harga yang murah adalah segalanya," ujar Alvin dalam sesi konferensi pers.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9A Bisa Dibeli Seharga Rp 900.000-an, Begini Caranya

Kesadaran itu sendiri berasal dari sebuah fakta yang ditemukan Alvin di lapangan beberapa bulan lalu. Ia memergoki sepasang calon pembeli yang hendak meminang Redmi 7A di sebuah toko.

 

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, memberikan penjelasan dalam sesi konferensi pers peluncuran Redmi 9A, Kamis (13/8/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, memberikan penjelasan dalam sesi konferensi pers peluncuran Redmi 9A, Kamis (13/8/2020).

Alvin mengaku bingung mengapa mereka ingin membeli ponsel tersebut, padahal sudah ada Redmi 8A yang lebih baru dan memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih mumpuni, seperti kehadiran konektor yang lebih modern (USB Type-C).

Ketika ditanya alasannya, calon pembeli itu dikatakan Alvin menuturkan, bahwa mereka tidak mempunyai budget yang lebih untuk membeli Redmi 8A.

Dari kejadian tersebut, Alvin lantas memutuskan bahwa harga ternyata lebih penting ketimbang fitur-fitur yang ditawarkan, setidaknya untuk pengguna Redmi A series.

Baca juga: Ini Beda Konektor Micro USB dan USB Type-C, Bukan Sekadar Bentuk

Selain alasan tersebut, penggunaan micro-USB di sebuah ponsel menurut Alvin juga masih terbilang wajar. Sebab, Redmi 9A sendiri dijual dengan harga termurah Rp 1.249.000 untuk varian 2 GB/32 GB, atau bahkan Rp 999.000 bagi pengguna Redmi 4A/5A/6A. 

Alvin lantas menyinggung smartphone merek lain yang harganya jauh di atas Redmi 9A, namun masih dibekali dengan konektor micro-USB, bukan USB Type-C.

"Ada beberapa kompetitor yang menawarakan produknya di harga Rp 2 juta, namun masih memakai micro USB," singgung Alvin.

"Untuk saat ini, Redmi 9A merupakan smartphone entry-level terbaik dengan beragam fitur yang sempurna di kelasnya," pungkas Alvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com