Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Ungkap Penyebab Gangguan IndiHome 13 Agustus

Kompas.com - 14/08/2020, 07:40 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan internet broadband Telkom IndiHome mengalami gangguan pada Kamis (13/8/2020). Gangguan dialami pengguna IndiHome di berbagai daerah seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Sidoarjo.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, mengatakan gangguan massal tersebut disebabkan adanya salah satu Domain Name Server (DNS) yang tidak berfungsi normal.

Masalah pada DNS tersebut menyebabkan terputusnya trafik internet yang umumnya terjadi selama 5-10 menit. Namun, di beberapa daerah seperti Bekasi, Slipi, dan Bandung, pemulihan jaringan membutuhkan waktu sekitar 25 menit.

Baca juga: IndiHome Dilaporkan Sempat Tumbang dari Medan sampai Bandung

Telkom mencatat gangguan terjadi mulai pukul 10.20 WIB dan lalu lintas layanan diklaim kembali pulih seluruhnya pada pukul 10.45 WIB.

"Mewakili manajemen, sekali lagi kami memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan terhadap layanan IndiHome," kata Arif melalui pesan singkat yang diterima KompasTekno.

"Kami terus berupaya meningkatkan kehandalan kualitas IndiHome ke depan," imbuhnya.

Gangguan serupa juga pernah terjadi sebelumnya pada Juli lalu. Kala itu, terjadi gangguan transmisi yang mengakibatkan penurunan kualitas layanan.

Gangguan koneksi IndiHome kerap terjadi di jam-jam sibuk di saat banyak penggunanya yang masih bekerja dari rumah dan belajar daring.

Itulah sebabnya, banyak pengguna yang membanjiri linimasa Twitter dengan menyebut (mention) akun resmi @TelkomCare atau @IndiHome.

Mereka mengeluh internet yang mendadak mati di tengah-tengah rapat atau belajar online.
Saking banyaknya keluhan di Twitter, pada 13 Agustus lalu, IndiHome memuncaki trending topic di Twitter Indonesia.

Baca juga: Telkom Janji Permudah Syarat Berhenti Langganan IndiHome


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com