Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Hasil Jepretan Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Kompas.com - 17/08/2020, 19:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra telah resmi diluncurkan. Versi "Ultra" dari ponsel flagship ini membawa spesifikasi lebih tinggi dibanding Galaxy Note 20 reguler.

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok ada pada spesifikasi kamera belakang. Keduanya memang sama-sama dibekali tiga kamera belakang, namun, konfigurasinya berbeda.

Galaxy Note 20 Ultra dibekali kamera wide 108MP (f/1.8), resolusi yang lebih tinggi dibanding versi reguler, 64 MP. Kamera itu ditemani lensa telefoto 12MP (f/3.0), dan ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan 5x optical Zoom.

Tidak cuma perbesaran secara optis, Galaxy Note 20 Ultra juga mendukung perbesaran secara digital hingga 50x. Selain tiga kamera tersebut, ada pula fitur OIS sebagai penstabil gambar dan tracking AF untuk memudahkan fokus.

Secara umum, jepretan kamera belakang menghasilkan warna yang baik. Artinya, warna yang ditangkap jelas dan tidak berlebihan.

Warna di foto sama dengan warna aslinya, tidak melenceng sebagaimana kebanyakan kamera yang sering ditopang teknologi kecerdasan buatan untuk melebih-lebihkan warna.

Baca juga: Beda Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, dari Desain hingga Spesifikasi

Detail gambar pun terlihat jelas. Seperti contoh gambar di bawah, di mana bekas luka di jari tengah terlhat jelas. Begitu pula noda di ujung sepatu. Warna kulit juga mendekati alami.

Hasil foto kamera belakang Galaxy Note 20 Utra menggunakan kamera wide.Kompas.com/Oik Yusuf Hasil foto kamera belakang Galaxy Note 20 Utra menggunakan kamera wide.
Sebagai catatan, foto akan lebih baik jika diambil di kondisi dengan cahaya yang cukup, seperti di luar ruangan.

Kamera ultra-wide Galaxy Note 20 Ultra memiliki bidang pandang hingga 120 derajat. Dengan bentang tersebut, cakupan area yang termuat cukup luas.

Hasil foto kamera ultrawide 12MP di Galaxy Note 20 Ultra.Kompas.com/Oik Yusuf Hasil foto kamera ultrawide 12MP di Galaxy Note 20 Ultra.
Selain kamera beresolusi 108MP, fitur lain yang jadi andalan adalah zoom. Seperti dikatakan sebelumnya, Galaxy Note 20 Ultra memiliki fitur perbesaran digital maksimal 50x, bukan 100x sebagaimana Galaxy S20 Ultra.

Kendati demikian, hasilnya tidak berbeda dengan Gaalxy S20 Ultra. Gambar mulai sedikit buram ketika diperbesar hingga 20x. Tingkat keburaman bertambah pada perbesaran maksimal, namun tidak terlalu parah seperti perbesaran optis 100x pada Galaxy S20 Ultra.

Baca juga: Tidak Ada Zoom 100X di Galaxy Note 20 Ultra, Samsung?

Perbandingan perbesaran optis 20x (kiri) dan 50x (kanan).Kompas.com/Oik Yusuf Perbandingan perbesaran optis 20x (kiri) dan 50x (kanan).
Warna dan detail gambar pada perbesaran optis maksimal masih terlihat. Kamera belakang juga memiliki fitur portrait untuk menghasilkan foto dengan efek blur di background alias bokeh.

Bokeh yang dihasilkan cukup rapi dan tidak berlebihan. Pengguna sendiri bisa mengatur tingkat blur sesuai kehendak. Samsung juga membawa fitur Live Focus, di mana pengguna bisa mengatur gaya efek blur.

Ada beberapa efek blur yang tersedia, seperti Zoom Effect, Colour Point Effect dan Spin Effect. Fitur itu juga tersedia untuk kamera depan.

Fitur Live Focus di kamera belakang yang memiliki beberapa efek blur latar belakang, seperti Spin Effect (kiri), Color Point (tengah), dan Zoom Effect (kanan).Kompas.com/Oik Yusuf Fitur Live Focus di kamera belakang yang memiliki beberapa efek blur latar belakang, seperti Spin Effect (kiri), Color Point (tengah), dan Zoom Effect (kanan).
Berbicara soal bagian depan, hanya ada kamera tunggal dengan resolusi 10MP (f/2.2).
Hasil foto kamera depan juga cukup baik. Namun untuk mode portrait, terkadang akan mendapati bokeh yang tidak serapi kamera belakang.

Hasil foto kamera depan Galaxy Note 20 Ultra beresolusi 10 MP menggunakan mode normal/auto (kiri) adn mode portrait dengan efek bokeh (kanan).Kompas.com/Oik Yusuf Hasil foto kamera depan Galaxy Note 20 Ultra beresolusi 10 MP menggunakan mode normal/auto (kiri) adn mode portrait dengan efek bokeh (kanan).
Bagimana dengan foto malam? Hasil foto malam tidak terlalu mengecewakan. Warna dan detail gambar masih tampak terlihat jelas. Pendaran lampu di sekitar obyek juga tidak terlalu menimbulkan efek exposure yang berlebihan sehingga mengganggu hasil foto.

Baca juga: Samsung Umumkan VRR Mobile Display, Debut di Galaxy Note 20 Ultra

Hasil foto kamera belakang menggunakan mode malam dan kamera ultrawide, wide, serta zoom.Kompas.com/Oik Yusuf Hasil foto kamera belakang menggunakan mode malam dan kamera ultrawide, wide, serta zoom.
Untuk foto-foto lain hasil jepretan kamera Galaxy Note 20 Ultra bisa dilihat di tautan galeri foto berikut, https://tekno.kompas.com/galeri/detail/340/Melihat.Hasil.Foto.Kamera.Galaxy.Note.20.Ultra.

Sebagain informasi, Galaxy Note 20 Ultra dijual dengan harga Rp 18 juta untuk varian Rp 8/256 GB dan Rp 20 juta untuk varian 8/512 GB. Penjualan perdana mulai dilakukan 18 Agustus 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com