Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bisa Rekam Video 120 Fps, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 18/08/2020, 18:45 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi memboyong Galaxy Note 20 dan Note 20 Pro ke Indonesia, lewat acara peluncuran virtual, Selasa (18/8/2020). Kedua ponsel ini membawa sejumlah peningkatan dari Galaxy Note seri sebelumnya. 

Salah satunya adalah kemampuan kamera Galaxy Note 20 Ultra yang bisa merekam video 4K dengan frame rate 120 fps.

Menurut sutradara film, Yandy Laurens, kemampuan merekam video dengan frame rate 120 fps ini bisa menghasilkan gambar dengan hasil yang lebih detail. Fitur ini bisa digunakan dalam mode "Pro Video".

Perekaman video 120 fps juga dapat menghasilkan gambar dengan gerakan lambat atau slow motion yang lebih smooth dan minim "patah-patah".

"Kita jadi bisa membuat video dalam gerakan lambat namun tetap dalam resolusi Full HD," tutur Yandy.

Apabila ingin melakukan zoom, Yandy menjelaskan bahwa pengguna cukup menggeser dengan satu jari untuk mengatur pergerakkan zoom in atau zoom out.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra Resmi di Indonesia, Kapan Bisa Dibeli?

"Kalau kita mau melakukan zoom, tinggal geser dengan jempol zoom in atau zoom out, kita jadi bisa menghasilkan pergerakkan zoom yang pelan dan smooth, atau bahkan menciptakan pergerakkan zoom yang cepat untuk pendekatan yang lebih dramatis," ujar Yandy.

Makna "dramatis" yang dimaksud oleh Yandy adalah ketika pengguna ingin menangkap beberapa momen seperti aktivitas sehari-hari, objek anak kecil, hingga tingkah laku hewan peliharaan.

"Rekam momen berharga jadi lebih dramatis lagi, si kecil yang tertawa misalnya atau aktivitas kita yang seru, atau bahkan tingkah laku lucu peliharaan kesayangan kita," pungkas Yandy.

Selain itu, Note 20 Ultra juga bisa merekam video 8K dengan frame rate 24 fps.

"Di Note 20 Ultra ini juga ada resolusi perekaman 8K dengan 24 fps. Hasilnya sudah pasti smooth dan sangat detail," pungkas Yandy.

Galaxy Note 20 Ultra memiliki tiga kamera belakang, dan satu kamera depan (selfie). Kamera depannya beresolusi 10 MP (f/2.2) yang ditempatkan dalam sebuah punch hole.

Sementara tiga kamera belakang Galaxy Note 20 Ultra terdiri dari kamera wide angle 108 MP (f/1.8), kamera telephoto 12 MP (f/3.0), dan kamera ultra wide-angle 12 MP (f/2.2). Galaxy Note 20 Ultra juga memiliki kemampuan zoom hybrid hingga 50x.

Ada pula Optical Image Stabilizer (OIS) untuk meredam guncangan atau getaran tangan pengguna, sehingga gambar video atau foto yang dihasilkan tetap terlihat stabil.

Untuk perekaman video, Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan sejumlah mode lain, di antaranya yaitu Live focus, Live focus Video, Super Slow-mo, Slow motion 1080p (240 fps), dan Hyperlapse (1080p).

Baca juga: Melihat Hasil Jepretan Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Galaxy Note 20 Ultra mengusung layar Dynamic AMOLED seluas 6,9 inci dengan refresh rate 120 Hz. Layar Note 20 Ultra dilindungi dengan pelapis kaca Gorilla Glass Victus.

Galaxy Note 20 series 'diotaki' chipset Snapdragon 865 Plus untuk pasar Amerika Serikat atau Exynos 990 untuk sebagian besar negara lain, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Galaxy Note 20 Ultra versi 8 GB/256 GB dibanderol dengan harga Rp 17.999.000, dan versi 8 GB/512 GB dibanderol Rp 19.999.000

Sementara Galaxy Note 20 reguler dengan RAM 8 GB/256 GB dijual dengan harga Rp 14.499.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com