Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Samsung Galaxy Note 20 Ultra Disayat Pisau dan Dibakar, Setangguh Apa ?

Kompas.com - 23/08/2020, 08:03 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 20 Ultra mengusung beberapa keunggulan spesifikasi dibandingkan dengan versi reguler khususnya dari peningkatan sektor layar.

Galaxy Note 20 Ultra pun menjadi perangkat pertama di dunia yang dibekali dengan kaca pelapis dan pelindung layar Gorilla Glass Victus yang diklaim lebih tangguh.

Bagaimana ketahanan kaca tersebut terhadap goresan? Untuk mengetahui jawabannya, YouTuber Zack Nelson di kanal JerryRigEverything menguji ketangguhan Galaxy Note 20 Ultra.

Zack "menyiksa" layar menggunakan beberapa benda tajam yang terbuat dari jenis logam berbeda.

Baca juga: Melihat Hasil Jepretan Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Potongan video uji gores layar Galaxy Note 20 Ultra oleh YouTuber JerryRigEverythingyoutube/JerryRigEverything Potongan video uji gores layar Galaxy Note 20 Ultra oleh YouTuber JerryRigEverything

Aneka logam yang dipakai untuk menggores layar Galaxy Note 20 Ultra memiliki tingkat kekerasan berbeda menurut skala Mohs Scale of Hardness, dari tingkat 2 hingga 7.

Di tahap awal, yakni uji gores layar dengan pisau, Galaxy Note 20 Ultra lolos kualifikasi. Layar berbentang 6,9 inci itu baru tergores saat menghadapi benda tajam dengan skala kekerasan 6 dan 7 (Mohs).

Uji gores layar Galaxy Note 20 Ultrayoutube/JerryRigEverything Uji gores layar Galaxy Note 20 Ultra

Zack juga mengkategorikan tiga jenis lapisan kaca berdasarkan level uji ketahanan layar Galaxy Note 20 Ultra terhadap goresan.

Lapisan layar dibagi dalam tiga kategori yaitu Plastic (Level 2,3,4), Glass (Level 5,6,7), dan Sapphire (Level 8 dan 9).

Uji ketahanan goresan layar Galaxy Note 20 Ultrayoutube/JerryRigEverything Uji ketahanan goresan layar Galaxy Note 20 Ultra

"Jika layarnya dilapisi dengan gorilla glass victus, harusnya layar akan mulai tergores pada level 8 atau 9," ujar Zack dalam videonya.

Sebagai informasi, Gorilla Glass Victus melapis bagian depan dan belakang Galaxy Note 20 Ultra.

Victus juga disebut dua kali lebih tahan terhadap goresan dibandingkan Gorilla Glass 6, serta empat kali lebih tangguh dibanding kaca berbahan aluminosilicate lain bikinan kompetitor.

Baca juga: Video Oppo Reno Disiksa, dari Digores hingga Dibengkokkan

Untuk pemakaian sehari-hari, lapisan proteksi layar ini dirancang untuk menahan benturan jika gadget jatuh dari ketinggian hingga 2 meter ke permukaan benda yang kasar dan tidak rata, misalnya seperti aspal.

KompasTekno juga sempat menguji ketahanan fisik dan layar Samsung Galaxy Note 20 Ultra
dengan melakukan uji jatuh alias drop test dari ketinggian kurang lebih satu meter.

Uji ketahanan fisik dan layar Galaxy Note 20 Ultrayoutube/KompasTekno Uji ketahanan fisik dan layar Galaxy Note 20 Ultra

Hasilnya, setelah jatuh ke permukaan beton yang rata, terlihat bahwa layar Galaxy Note 20 Ultra hanya mengalami sedikit kerusakan di bagian screen protector yang terpasang. Permukaan layarnya sendiri tetap utuh dan tidak pecah.

Uji ketahanan fisik dan layar Galaxy Note 20 Ultrayoutube/KompasTekno Uji ketahanan fisik dan layar Galaxy Note 20 Ultra

Berikutnya, Zack coba menggores sisi bingkai tempat terpatrinya tombol daya dan volume. Alhasil, dalam sekali goresan, tombol daya nampak terlepas dari modul yang tertanam di sisi kanan bodi ponsel.

Tombol daya terlepas dari modul yang tertanam disisi kanan bodi ponsel Galaxy Note 20 Ultrayoutube/JerryRigEverything Tombol daya terlepas dari modul yang tertanam disisi kanan bodi ponsel Galaxy Note 20 Ultra

Zack melanjutkan mengikir bagian sisi bawah ponsel, di mana port USB dan lubang speaker berjajar. Hasilnya tak jauh berbeda, mudah saja bingkai itu terkelupas saat dikerik dengan pisau.

Bingkai port USB dan lubang speaker Galaxy Note 20 Ultra terkelupas saat dikerik dengan pisauyoutube/JerryRigEverything Bingkai port USB dan lubang speaker Galaxy Note 20 Ultra terkelupas saat dikerik dengan pisau

Ketika Zack membakar layar depan dengan korek api, terlihat ada sedikit bekas berbentuk lingkaran kecil yang tidak hilang.

Layar Galaxy Note 20 Ultra meninggalkan bekas kecil ketika dibakaryoutube/JerryRigEverything Layar Galaxy Note 20 Ultra meninggalkan bekas kecil ketika dibakar

Tes selanjutnya, Zack coba membengkokkan ponsel dengan tangan. Hasilnya Galaxy Note 20 Ultra masih dalam kondisi normal alias tidak bengkok dan patah.

Galaxy Note 20 Ultra masih dalam kondisi normal alias tidak bengkok dan patahyoutube/JerryRigEverything Galaxy Note 20 Ultra masih dalam kondisi normal alias tidak bengkok dan patah

Untuk melihat video "penyiksaan" Galaxy Note 20 Ultra yang dilakukan oleh Zack Nelson dari JerryRigEverything, kunjungi tautan berikut ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com