Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Samsung yang Hilang Bisa Dilacak Meski Offline

Kompas.com - 25/08/2020, 18:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, perangkat Android yang hilang bisa dilacak menggunakan fitur Find My Mobile. Namun, kelemahannya adalah perangkat yang dicari harus terhubung dengan internet.

Itu artinya, apabila ponsel dalam keadaan offline, proses pelacakan akan sulit dilakukan. Kelemahan itulah yang ditambal Samsung.

Menurut staf XDA Developer sekaligus pembocor gadget, Max Weinbach, Samsung telah menggulirkan fitur Offline Finding untuk melacak ponsel yang hilang dalam keadaan tidak terhubung ke internet.

Fitur ini pertama kali ditemukan dalam perangkat Galaxy dan disebutkan bahwa "memungkinkan ponsel pengguna yang hilang ditemukan oleh perangkat Galaxy lain meskipun dalam keadaan offline".

Baca juga: Ingin Blokir Ponsel yang Dicuri atau Hilang? Begini Caranya

Dengan kata lain, ketika ponsel pengguna hilang dalam keadaan offline, keberadaannya masih bisa dilacak perangkat Galaxy milik orang lain yang kebetulan berada di dekat ponsel yang hilang.

Tangkapan layar fitur offline finding di smartphone Samsung Galaxy.XDA Developer/Max Weinbach Tangkapan layar fitur offline finding di smartphone Samsung Galaxy.
Fitur ini juga konon bisa digunakan untuk menemukan perangkat Galaxy non-smartphone, seperti Galaxy Watch atau Galaxy Earbuds.

Dari tangkapan layar yang beredar, pengaturan ini kemungkinan ada di Find My Mobile yang harus terkoneksi dengan akun Samsung atau Google.

Belum diketahui apakah semua perangkat Galaxy akan kebagian fitur Offline Finding atau perangkat Galaxy dengan spesifikasi tertentu saja. Fitur ini pun belum digelontorkan secara merata untuk semua perangkat Galaxy.

Fitur ini membuat Samsung menyamai Apple yang sudah memiliki fitur serupa di iOS 13.

Baca juga: Fitur Galaxy Note 20 Hadir di Galaxy S20 lewat Update One UI 2.5

iPhone yang hilang dan dalam keadaan offline masih tetap terlacak apabila ponsel dalam keadaan aktif. Sebab, pelacakan mengandalkan Bluetooth untuk menemukan iPhone offline, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (25/8/2020).

Pengguna iOS 13 bisa mengaktifkan fitur ini dengan membuka menu pengaturan, lalu ketuk ID pengguna di bagian paling atas, dan lanjutkan dengan mengetuk "Find My".

Setelah itu, aktifkan tombil "Find my iPhone", lalu pilih "enable offline finding" dan klik "send last location".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com