Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Apple Punya Desain yang Beda, Seperti Apa?

Kompas.com - 26/08/2020, 20:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Ponsel dengan layar yang bisa lipat atau foldable phone kini bukan lagi khayalan semata. Sejak tahun lalu, foldable phone mulai merambah pasar smartphone global, termasuk Indonesia. 

Sejumlah vendor sudah merilis ponsel layar lipat besutannya masing-masing. Sebut saja Huawei dengan Mate X dan Samsung dengan Galaxy Z Fold. Adapula Motorola dengan lini Razr miliknya.

Apple pun tampaknya tidak mau kalah. Pembuat iPhone ini juga dikabarkan tengah menyiapkan ponsel lipat.

Meski kabar ini sudah beredar sejak beberapa bulan lalu, informasi kali ini diperkuat oleh pernyataan YouTuber Jon Prosser, yang kerap memberi bocoran produk Apple dengan akurat. 

Dalam sebuah video dan unggahan Twitter, Jon mengatakan bahwa Apple memang tengah menyiapkan perangkat lipat alias "Foldable iPhone". Hanya saja perangkat tersebut, menurut Jon, tidak seperti ponsel layar lipat kebanyakan.

Baca juga: Daftar iPhone Lama yang Kabarnya Bakal Disetop oleh Apple

Mengacu paten Apple yang diajukan ke kantor paten AS (USPTO) awal 2019 dan baru dirilis kantor tersebut 16 Juni 2020 lalu, Jon menjelaskan bahwa Apple mengandalkan engsel (hinge) khusus yang dijuluki sebagai fabric hinge untuk ponsel lipat bikinannya.

Alih-alih satu layar yang bisa dilipat, engsel tersebut berfungsi untuk menggabungkan dua layar yang berbeda (mirip Microsoft Surface Duo), sekaligus mampu menghalangi material kecil yang bisa masuk ke dalam engsel dan mengganggu perangkat.

Paten ponsel lipat Apple yang menggunakan fabric hinge. Paten ini dirilis USPTO pada 16 Juni 2020.PatentlyApple Paten ponsel lipat Apple yang menggunakan fabric hinge. Paten ini dirilis USPTO pada 16 Juni 2020.

Dengan engsel ini, Jon mengklaim bahwa kedua layar tersebut akan terlihat menyatu saat dibentangkan. Kemudian bisa dilipat dengan mudah dan lebih kuat ketimbang ponsel layar lipat pada umumnya.

Adapun desain ponsel lipat Apple tersebut, lanjut Jon, disebut menyerupai tampang iPhone 11 dengan keempat sudut melengkung dan dibuat dari bahan stainless steel, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: Bocoran Baru Tanggal Peluncuran iPhone 12

Panel utama ponsel tersebut tak memiliki poni (notch) yang biasanya digunakan untuk fitur Face ID. Sebagai gantinya, poni akan dipindahkan ke layar bagian luar (outer display) agar pengguna bisa memanfaatkan fitur biometrik tersebut.

Karena masih berupa rumor, beragam informasi yang diutarakan Jon ini belum bisa dipastikan keabsahannya. Apple pun masih bungkam soal keberadaan ponsel lipat ini.

Kabar terkait ponsel lipat Apple sebenarnya telah santer beredar beberapa waktu belakangan lewat beragam bocoran gambar dan dokumen paten yang berbeda, salah satunya adalah paten di atas tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com