Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Stik" PS5 Bisa Kenali Pengguna lewat Genggaman Tangan?

Kompas.com - 28/08/2020, 12:19 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony baru saja mematenkan teknologi yang memungkinkan DualSense atau controller PlayStation 5 (PS5) untuk mengenali pengguna lewat genggaman tangan.

Informasi tersebut tercantum pada dokumen paten yang dirilis Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) yang tersebar di dunia maya.

Sony mengajukan paten tersebut sejak bulan Februari 2020. Namun, USPTO baru menerbitkannya pada 20 Agustus pekan lalu.

Berdasarkan dokumen paten tersebut, pemain nantinya bisa mengakses (log-in) akun pribadinya secara otomatis dengan hanya dengan menggenggam DualSense.

Artinya, genggaman tangan pengguna akan menjadi password untuk membuka akun tersebut. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi membuat password dalam bentuk teks atau tulisan.

Baca juga: Sony Ungkap Wujud DualSense, Controller Baru untuk PS5

Untuk mengenali genggaman pengguna, DualSense bakal memanfaatkan sejumlah sensor seperti gyroscope dan accelerometer guna melacak posisi, orientasi, dan pergerakan tangan para pemain.

Sebagai contoh, ketika menggenggam DualSense, pemain dengan tangan kidal akan cenderung menaikan sisi kiri controller lebih tinggi dibanding sisi controller pada bagian kanan.

Lewat perilaku khas inilah DualSense mampu mendeteksi pengguna mana yang sedang memainkan PS5. Ketika ada pemain tak dikenal yang menggunakan DualSense, sistem akan secara otomatis menganalisis gerakan tangan pemain dalam waktu singkat.

"Sebagian pengguna mungkin memiliki kecenderungan tertentu dalam menggerakkan lengan dan tangan mereka saat menggunakan controller," tulis Sony dalam pengajuan patennya.

Data yang telah dikumpulkan kemudian dibandingkan dengan akun semua pemain yang sebelumnya telah terdaftar pada sistem, baik secara lokal pada konsol PS5 ataupun melalui server.

Baca juga: Sony Rilis Video Iklan Perdana PS5

Apabila DualSense mengenali adanya kecocokan gerakan, maka sistem akan mengakses (log-in) ke akun pemain yang sesuai.

Saat DualSense dimatikan pun, sistem secara otomatis melakukan proses log-out dari akun pengguna sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Game Rant, Sabtu (29/8/2020).

Meski paten telah diajukan, belum tentu desain teknologi tersebut benar-benar akan diimplementasikan pada controller, atau biasa disebut stik di Indonesia, PS5 mendatang. Namun, dengan paten tersebut setidaknya Sony memiliki rencana untuk membuat controller lebih canggih di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com