Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Akhirnya Umumkan Spesifikasi Galaxy Z Fold 2

Kompas.com - 01/09/2020, 21:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung sempat memberikan bocoran resmi terkait ponsel layar lipat generasi terbarunya, Galaxy Z Fold 2 dalam gelaran "Unpacked" awal Agustus lalu, bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 20 series.

Kini, dalam sebuah acara bertajuk "Unpacked Part 2" yang digelar secara online, Selasa (1/9/2020) malam, perusahaan asal Korea Selatan tersebut membeberkan beragam fitur serta spesifikasi ponsel layar lipat ini secara lebih rinci.

“Dengan peluncuran Samsung Galaxy Z Fold2, kami mendengarkan feedback dari
pengguna dengan cermat untuk memastikan kami membawa peningkatan yang berarti pada
hardware untuk meningkatkan pengalaman pengguna," ujar President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh, di panggung acara.

Tak jauh berbeda dengan bocoran informasi yang sudah beredar di internet, Galaxy Z Fold 2 dibekali dengan dua layar, terdiri dari layar utama yang bisa dilipat, berikut layar sekunder (cover display).

Layar utama memiliki panel berjenis AMOLED 2X Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci (resolusi QXGA Plus), dengan refresh rate 120 Hz. Panel ini dilapisi dengan "Ultra Thin Glass" dan diklaim lebih kuat dibanding Galaxy Fold generasi pertama.

Baca juga: Samsung Siapkan Ponsel Lipat Galaxy Z Fold Versi Lebih Murah?

Tampak depan Galaxy Z Fold 2.Samsung Tampak depan Galaxy Z Fold 2.

Adapun layar kedua, yang memunggungi layar utama, mengusung panel Super AMOLED dengan diagonal 6,2 inci dan resolusi HD Plus.

Engsel (hinge) Galaxy Z Fold 2 juga diklaim lebih kuat dibanding generasi sebelumnya. Samsung mengadopsi teknologi yang dijuluki "CAM mechanism".

Dengan teknologi tersebut, perangkat ini bisa dilipat dengan sudut sekitar 90 derajat (half-fold), sama seperti Galaxy Z Flip, sehingga layar ponsel bisa dipakai untuk menampilkan dua aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Fitur ini disebut Samsung sebagai Flex Mode.

Selain menjalankan aplikasi, Flex Mode juga bisa dipakai untuk menonton video dengan tombol playback terpisah, serta mengoperasikan kamera dengan tombol shuter, viewfinder, dan lain sebagainya dalam layar yang terpisah pula.

Engsel ponsel lipat ini juga turut dibekali dengan bulu-bulu yang dinamai "sweeper". Seperti namanya, komponen ini bisa membantu untuk membersihkan engsel dari partikel, debu, atau kotoran yang bisa masuk.

Lima kamera

Terkait kamera, Galaxy Z Fold 2 sendiri dibekali dengan lima kamera, terdiri dari tiga kamera belakang, serta dua kamera selfie 10 MP (f/2.2) yang dimuat dalam lubang kamera (Infinity-O) di layar utama dan layar sekunder.

Galaxy Z Fold2.Samsung Galaxy Z Fold2.

Ketiga kamera belakang Galaxy Z Fold 2 sendiri mencakup kamera utama 12 MP (f/1.8, OIS, Super Speed Dual Pixel AF), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.4), bukan 64 MP seperti kabar yang beredar sebelumnya.

Deretan kamera ini turut dibekali dengan beragam fitur pendukung. Di antaranya Auto Framing untuk zoom otomatis tanpa harus menggerakkan perangkat.

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip Resmi Masuk Indonesia

Ada pula fitur Single Take, Bright Mode, Night Mode, Pro Video Mode, serta Dual Preview yang bisa "menyulap" cover display menjadi viewfinder kamera ketika ponsel dibentangkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com