Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Galaxy A42 5G, Smartphone 5G Samsung yang Paling Murah

Kompas.com - 03/09/2020, 10:07 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Smartphone 5G biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. Sebab, teknologi 5G tergolong masih baru dan belum banyak diadopsi.

Namun, vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, terus berusaha menekan harga jual perangkat 5G. Perusahaan baru saja memperkenalkan Galaxy A42 5G yang konon akan menjadi perangkat 5G paling murah dari Samsung.

Galaxy A42 5G mengusung desain serupa dengan sejumlah model Galaxy A, yakni dengan kehadiran poni (notch) "Infinity-U". Ponsel ini mengusung layar Super AMOLED dengan diagonal 6,6 inci.

Pada bagian punggung, terdapat empat buah kamera yang ditampung dalam modul persegi.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 20 MP.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy M51, Punya Baterai Jumbo 7.000 mAh

Bagian belakang ponsel ini tampak memiliki perpaduan warna hitam, biru, hingga abu-abu. Tiap warnanya terlihat dipisahkan dengan garis, tidak dengan gradasi.

Kendati demikian, belum diketahui chipset apa yang digunakan ponsel ini, berikut kapasitas RAM dan memori internalnya.

Namun, Samsung mengonfirmasi bahwa Galaxy A42 5G memiliki baterai jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat.

Ada pula pemindai sidik jari yang sudah tertanam di bawah layar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamsungNewsroom, Kamis (3/9/2020).

Berdasarkan keterangan di situs Samsung Newsroom berbahasa Jerman, Galaxy A42 5G dibanderol dengan harga 369 euro atau sekitar Rp 6,4 juta. Harga ini lebih murah ketimbang dua ponsel 5G seri A lainnya.

Sebagai informasi, pada April lalu, Samsung merilis Galaxy A51 dan Galaxy A71, dua smartphone seri A pertama yang mendukung jaringan 5G.

Di Amerika Serikat (AS), Galaxy A71 5G dijual seharga 599 dollar AS atau sekitar Rp 8,6 juta. Harga tersebut sekitar separuh dari Galaxy S10 5G yang sudah lebih dulu dijual dengan harga 1.149 dollar AS, atau sekitar Rp 16,6 juta.

Baca juga: Samsung Siapkan Ponsel Lipat Galaxy Z Fold Versi Lebih Murah?

Galaxy A42 5G rencananya bakal dijual mulai awal November mendatang di Jerman. Belum diketahui kapan ponsel 5G ini menyambangi negara lainnya.

Spesifikasi lainnya, seperti chipset atau RAM tadi, juga belum dibeberkan secara rinci. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com