Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Ungkap Pemain Xbox Lebih Agresif daripada PlayStation

Kompas.com - 07/09/2020, 11:29 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah riset menunjukkan bahwa pemain konsol Xbox ternyata lebih agresif dibandingkan mereka yang bermain konsol PlayStation (PS). Riset tersebut melibatkan sebanyak 964 pemain game yang dijadikan sebagai objek penelitian.

Riset ini dilakukan dengan menggunakan metode Buss Perry Aggression Questionnaire. Peneliti mengukur tingkat agresi pada individu berdasarkan bagaimana mereka menjawab pertanyaan yang diajukan.

Ada sebanyak 29 pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan menggunakan skala Likert, dengan memilih angka 1 sampai 5.

Ada sejumlah variabel turunan yang diuji yakni agresi fisik, agresi verbal, tingkat kemarahan, dan tingkat kebencian.

Baca juga: Ini Dia, Negara yang Punya Gamer Terhebat di Dunia

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna konsol Xbox dinyatakan sebagai gamer yang paling agresif di keempat kategori tersebut. Penelitian ini juga menemukan bahwa gamer pria 20 persen lebih agresif daripada wanita.

Menariknya, mereka yang bermain game selama 20 hingga 30 jam dalam seminggu ternyata tidak lebih agresif dari mereka yang bermain selama 11 hingga 20 jam per minggu.

Dalam penelitian ini, ditemukan juga adanya keterkaitan antara judul game dan sikap pemain.

Judul game seperti Call of Duty, Battlefield, dan FIFA dapat memicu pemain menjadi lebih agresif. Sebab, ketiga judul game tersebut memicu pemain untuk lebih kompetitif.

Ada pula fakta unik di mana berdasarkan riset tersebut, pemain game simulasi Animal Crossing: New Horizon ternyata lebih agresif secara fisik dibandingkan pemain game Grand Theft Auto (GTA) V.

Padahal, game Animal Crossing memiliki gameplay yang minim dengan unsur kekerasan. Dalam game ini, pemain akan bermain sebagai karakter yang tinggal di desa dan melakukan kegiatan seperti memancing hingga menangkap kumbang. 

Baca juga: Mengenal Animal Crossing: New Horizons, Game Populer di Tengah Pandemi Covid-19

Dirangkum KompasTekno dari Gamerant, Senin (7/9/2020) hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kekerasan dalam sebuah video game tidak selalu menjadi pemicu seseorang menjadi lebih agresif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com