Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Black Shark 3

Kompas.com - 08/09/2020, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone anak Xiaomi, Black Shark resmi meluncurkan ponsel gaming terbarunya, Black Shark 3 di Indonesia pada Mei lalu, dengan harga Rp 10 juta untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Selang beberapa bulan, tepatnya awal Agustus, ponsel yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 865 tersebut hadir dengan kapasitas RAM dan storage yang diperbarui, yakni 12 GB/256 GB, dan dijual dengan harga Rp 12 juta di Tanah Air.

Xiaomi Black Shark 3 dibekali dengan sederet peningkatan dari generasi sebelumnya, Black Shark 2, baik dari sisi desain maupun spesifikasi.

Baca juga: Black Shark 3 Versi RAM 12 GB Resmi di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

KompasTekno berkesempatan untuk membuka isi kotak penjualan, serta menjajal Black Shark 3, tepatnya varian 8 GB/128 GB dengan warna Lightning Black, untuk pertama kalinya. Seperti apa pengalamannya?

Layar lebih lega

Secara tampilan, layar Black Shark 3 lebih lega dibanding pendahulunya, yakni dengan diagonal 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar yang mengadopsi panel AMOLED itu juga kini mendukung refresh rate 90 Hz, alih-alih 60 Hz, dengan touch sampling rate 270 Hz.

Tampilan depan Black Shark 3. Secara tampilan, layar ponsel gaming ini lebih lega dibanding pendahulunya, yakni dengan diagonal 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar yang mengadopsi panel AMOLED itu juga kini mendukung refresh rate 90 Hz, alih-alih 60 Hz, dengan touch sampling rate 270 Hz. Layarnya sendiri masih enak dipandang meski di bawah terik sinar matahari. Tingkat kecerahan layar ini bisa mencapai 500 nits. KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan depan Black Shark 3. Secara tampilan, layar ponsel gaming ini lebih lega dibanding pendahulunya, yakni dengan diagonal 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar yang mengadopsi panel AMOLED itu juga kini mendukung refresh rate 90 Hz, alih-alih 60 Hz, dengan touch sampling rate 270 Hz. Layarnya sendiri masih enak dipandang meski di bawah terik sinar matahari. Tingkat kecerahan layar ini bisa mencapai 500 nits.

Layarnya sendiri masih enak dipandang meski di bawah terik sinar matahari. Tingkat kecerahan layar ini bisa mencapai 500 nits.

Meski demikian, sama seperti pendahulunya, tidak ada poni (notch) yang mengganggu layar ponsel gaming tersebut.

Kamera depannya, yang beresolusi 20 MP, dimuat di bezel ponsel bagian atas yang tampak lebih tebal dibanding sebagian besar ponsel kekinian, begitu juga bezel di bagian bawahnya.

Kedua bezel ini cukup tebal lantaran dibekali dengan speaker yang menghadap ke depan (front-facing). Speaker ini diklaim bisa menghasilkan suara stereo menggelegar.

Cangkang lebih kece

Beralih ke bagian belakang, cangkang Xiaomi Black Shark 3 mengadopsi desain yang lebih kece dibanding pendahulunya.

Cangkangnya masih mengusung perpaduan bahan aluminum yang dilapisi warna hitam, berikut lapisan kaca dengan warna hitam yang lebih pekat. Bagian yang bermateri kaca ini terasa licin dan tidak ramah dengan bekas sidik jari.

Selain itu, tampilan dengan kesan huruf "X" juga masih dipertahankan, berikut logo ikonik "S" (dengan desain berbeda) yang bisa menyala.

Tampilan punggung Black Shark 3. Bagian punggung ponsel gaming ini lebih kece. DI bagian atasnya ada modul segitiga yang menampung tiga kamera belakang (64 MP + 13 MP + 5 MP) dan modul magnetic charging. Ada pula lampu RGB huruf S di bagian tengahnya. Di atas kertas, bobot Black Shark 3 tercatat di angka 222 gram, dengan dimensi ketebalan 10,4 mm. Untuk sekelas ponsel gaming, ponsel ini cukup ringan untuk dibawa-bawa.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan punggung Black Shark 3. Bagian punggung ponsel gaming ini lebih kece. DI bagian atasnya ada modul segitiga yang menampung tiga kamera belakang (64 MP + 13 MP + 5 MP) dan modul magnetic charging. Ada pula lampu RGB huruf S di bagian tengahnya. Di atas kertas, bobot Black Shark 3 tercatat di angka 222 gram, dengan dimensi ketebalan 10,4 mm. Untuk sekelas ponsel gaming, ponsel ini cukup ringan untuk dibawa-bawa.

Meski mengusung material yang sama, desain ponsel ini nampak memiliki perbedaan, dan bisa dibilang lebih mentereng.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com