Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Ponsel yang Kebagian Android 11 Mulai Hari Ini

Kompas.com - 09/09/2020, 12:02 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah beberapa bulan dalam tahap pengembangan dan uji coba, Google akhirnya mulai menggulirkan versi stabil (stable) dari sistem operasi (OS) Android 11 ke publik pekan ini.

Pengguna ponsel Google Pixel 2 ke atas sudah bisa mengunduh pembaruan (update) OS Android 11 versi stable tersebut secara over-the-air (OTA) mulai hari ini.

Bersamaan dengan itu, Google juga mulai menyebarkan Android 11 versi open beta (bukan stable) ke sejumlah ponsel di luar seri Pixel, termasuk smartphone bikinan vendor asal China seperti OnePlus, Xiaomi, Oppo, hingga Realme.

Baca juga: Android 11 Versi Final Akhirnya Meluncur

OS Android 11 sendiri dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti Bubbles, Conversation Notifications, Voice Access, Media Control, Device Control, One Time Permission, Background Location, Permission Auto-reset, Scoped Storage, dan sejumlah pemolesan di sisi desain.

Google biasanya menggelontorkan pembaruan OS terbarunya secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga, jika ponsel Anda tercantum di daftar berikut namun belum mendapatkan pembaruan, ada baiknya untuk bersabar sedikit.

Baca juga: Android 11 Batasi Penggunaan Kamera di Aplikasi Pihak Ketiga

untuk memperbarui OS, pengguna biasanya hanya perlu mengakses menu pengaturan (Settings), klik menu "About Phone", dan klik tombol "Check for updates". Apabila ada update, maka pengguna bisa meng-klik tombol "Download and install" untuk memperbarui OS.

Nah, berikut daftar ponsel yang kebagian Android 11 mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Rabu (9/9/2020).

- Google Pixel 2
- Google Pixel 2 XL
- Google Pixel 3
- Google Pixel 3 XL
- Google Pixel 3a
- Google Pixel 3a XL
- Google Pixel 4
- Google Pixel 4 XL
- Google Pixel 4a
- OnePlus 8
- OnePlus 8 Pro
- Oppo Find X2
- Oppo Find X2 Pro
- Oppo Reno 3 4G
- Oppo Reno 3 Pro 4G
- Oppo Ace 2
- Realme X50 Pro
- Xiaomi Mi 10
- Xiaomi Mi 10 Pro
- Redmi K30 Pro
- Poco F2 Pro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com