Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Tampilan Baru, Ada Tombol Belanja dan Video ala TikTok

Kompas.com - 11/09/2020, 09:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram sedang menguji coba tampilan beranda baru. Tampilan ini akan menyisipkan dua fitur Instagram secara khusus (dedicated) yakni Shopping untuk mengakses fitur belanja, juga Reels yang merupakan fitur video pendek ala TikTok.

Ada tiga desain yang diujicobakan. Sekilas ketiganya mirip, hanya beda di beberapa penempatan tombol menu navigasi.

Baca juga: Instagram Reels Resmi Meluncur di 50 Negara, Siap Saingi TikTok

Desain pertama memindahkan tombol explore dan notifikasi yang semula ada di sisi bawah layar, dipindah ke sisi atas berjajar dengan tombol direct message (DM). Posisi kedua tombol itu diganti oleh Reels dan Shopping.

Desain kedua, tombol explore masih tetap berada di sisi bawah, namun tombol notifikasi dan menu untuk unggah kiriman dipindah ke atas. Tombol unggah berada di pojok kiri atas, sementara notifikasi bersebelahan dengan DM.

Tiga desain layout beranda Instagram yang sedang diuji coba.Instagram Tiga desain layout beranda Instagram yang sedang diuji coba.

Lalu desain terakhir hanya memindahkan tombol unggah kiriman yang dipindah ke atas, bersebelahan dengan DM. CEO Instagram, Adam Mosseri juga mengumumkan uji coba ini di akun Instagram pribadinya.

Desain-desain ini dilaporkan sempat muncul di India, Brazil, Jerman dan Perancis, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Kamis (10/9/2020).

Beberapa negara itu sudah mendapatkan fitur Reels yang memang belum disalurkan ke lebih banyak negara. Indonesia sendiri juga belum kebagian fitur Reels yang konon mirip dengan TikTok.

Baca juga: Facebook Uji Coba Gabungkan FB dan Instagram Stories

Bagi sebagian orang, layout tersebut mungkin tampak membingungkan karena terlalu banyak tombol navigasi. Dulu, layout dengan banyak tombol navigasi juga pernah hadir, namun agaknya kurang diminati.

Kala itu, Instagram membubuhkan tombol IGTV di sebelah tombol DM. Kini, tombol itu tidak muncul saat membuka beranda dan dipindah ke bagian profil pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com