Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Penculikan Pakai PS4 untuk Lapor Polisi dan Menyelamatkan Diri

Kompas.com - 12/09/2020, 14:23 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gamerant

KOMPAS.com - Di tengah pandemi seperti ini, konsol game, seperti PlayStation 4 (PS4) atau Xbox One, bisa menjadi alternatif sumber hiburan untuk melepas penat.

Namun, siapa sangka konsol game tersebut bisa menyelamatkan korban penculikan.

Seorang remaja perempuan korban penculikan di Jepang dikabarkan berhasil bebas dari sekapan sang penculik dengan menggunakan PS4.

Sebelum ditemukan pihak kepolisian, remaja ini hilang selama kurang lebih satu bulan.

Ia diculik oleh orang yang ia kenal dan sempat berhubungan jarak jauh. Orang tersegbut merupakan seorang pria berumur 44 tahun. Penculikan ini terjadi setelah ia pulang sekolah.

Remaja tersebut kemudian dibawa ke rumah sang penculik dan diikat ke pipa besi, sehiingga ia tak bisa kabur kemana-mana.

Baca juga: Ini Dia Game Gratis PS4 September 2020

Tidak hanya diikat, semua barang milik remaja itu diambil oleh penculik agar tidak bisa berkomunikasi dengan pihak luar.

Beruntung, remaja perempuan ini menemukan ada konsol PlayStation 4 (PS4) milik sang penculik. Remaja tersebut juga paham dan bisa mengoperasikan konsol PS4.

Ia pun kemudian menggunakan PS4 tersebut untuk mengirim e-mail kepada kepolisian. Dari e-mail itulah polisi dapat menemukan di mana korban disekap.

Setelah menerima "sinyal" dari korban, polisi setempat lantas menggrebek rumah penculik, dan membebaskan remaja tersebut.

Meski disekap selama satu bulan, remaja ini tidak mengalami kekerasan fisik dari penculik.

Dirangkum KompasTekno dari Gamerant, Sabtu (12/9/2020), tidak dijelaskan bagaimana remaja tersebut mengoperasikan PS4 dalam keadaan diikat.

Ada kemungkinan ia menggunakan perintah suara untuk mengirim e-mail tersebut. E-mail itu dikirim melalui browser bawaan yang terpasang di sistem PS4.

Baca juga: Riset Ungkap Pemain Xbox Lebih Agresif daripada PlayStation

Remaja ini berhasil memberitahukan aparat setempat melaui sebuah e-mail yang konon dikirim lewat peramban (browser) bawaan yang terpasang di sistem PS4.

Terlepas dari itu, menarik melihat konsol yang memiliki fungsi utama untuk menjalankan aneka game ini justru digunakan dengan cerdik sebagai alat komunikasi untuk menyelamatkan diri.

Jika tidak ada PS4, mungkin saja remaja ini masih terjebak dan belum mendapat pertolongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gamerant


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com