Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2020, 18:53 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlangganan layanan video on demand kini menjadi salah satu kebutuhan untuk hiburan, apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti ini. Lewat layanan tersebut, pengguna dapat menikmati ratusan koleksi film populer.

Sejak resmi masuk ke Indonesia, penyedia layanan streaming seperti Netflix dan Disney Plus HotStar semakin digandrungi oleh masyarakat. Keduanya sama-sama menawarkan film eksklusif yang tidak dimiliki oleh layanan streaming lainnya.

Untuk menambah kenyamanan selama menonton film, pengguna juga bisa mengatur kualitas gambar yang ditampilkan. Pengguna dapat memilih kualitas paling rendah seperti resolusi SD (Standard Definition) 480p, hingga yang tertinggi, yakni pada resolusi Ultra HD/4K.

Kualitas gambar juga menentukan konsumsi data yang akan dihabiskan. Terlebih jika pengguna menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton serial film. Bisa-bisa, kuota pengguna akan tersedot habis tanpa disadari.

Baca juga: Sejumlah Film dan Serial Netflix Bisa Ditonton Gratis, Begini Caranya

Nah, berikut ini adalah rincian berapa banyak kuota internet yang dibutuhkan pelanggan untuk menonton film di Netflix dan Disney Plus sebagaimana dirangkum KompasTekno, Minggu (13/9/2020).

Netflix

Netflix menyediakan harga berlangganan yang berbeda-beda, tergantung kualitas film yang dipilih oleh pengguna. Adapun paket tersebut terdiri dari paket Mobile, Basic, Standard, dan Premium.

Ada sebanyak empat pengaturan data yang bisa dipilih pengguna Netflix yakni rendah, sedang, tinggi, dan otomatis. Masing-masing pengaturan ini akan mempengaruhi berapa banyak kuota data yang dihabiskan setiap jam.

Untuk pengaturan kualitas gambar rendah, menghabiskan sebanyak 300 MB kuota data setiap jam. Sementara untuk kualitas sedang, data yang dihabiskan adalah sebanyak 700 MB setiap jam.

Kemudian apabila pengguna memilih kualitas video tertinggi, kuota data yang dihabiskan adalah sebanyak 3 GB per jam untuk kualitas HD dan 7 GB per jam untuk kualitas Ultra HD.

Baca juga: Koneksi Internet Terkencang Bisa Unduh Seluruh Isi Netflix dalam 1 Detik

Jika pengguna ingin menyesuaikan kualitas berdasarkan kecepatan internet, maka pengguna bisa memilih opsi "otomatis".

Otomatis - Menyesuaikan secara otomatis untuk menghadirkan kualitas terbaik, berdasarkan kecepatan koneksi Internet saat ini

Disney Plus

Penggunaan kuota internet selama menonton film di Disney Plus HotStar berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan.

- Mobile

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com