Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Siber Meningkat Jelang Pilpres AS

Kompas.com - 14/09/2020, 18:07 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft mengklaim bahwa terjadi peningkatan serangan cyber oleh peretas (hacker) yang bekerja untuk Rusia, China, dan Iran, jelang pemilihan presiden (Pilpres) di AS. 

Kabar ini disampaikan oleh Vice President of Customer Security and Trust Microsoft, Tom Burt lewat blog resmi Microsoft yang diunggah pada Kamis (10/9/2020).

Dalam blog tersebut, Tom Burt mengatakan bahwa hal itu berdasar penelitian yang dilakukan oleh para ahli keamanan di Microsoft.

"Dalam beberapa minggu terakhir, Microsoft mendeteksi serangan siber yang menargetkan orang dan organisasi yang terlibat dalam pemilihan Presiden mendatang," tulis Burt.

Baca juga: Donald Trump Dikerjai Warga TikTok, Kampanye Pilpres Jadi Sepi

Microsoft juga menemukan bahwa dalam beberapa minggu terakhir, ada peningkatan aktivitas dari kelompok Rusia, yang mencoba menggunakan kombinasi nama pengguna dan kata sandi lama pada hampir 7.000 akun.

Percobaan peretasan ini dilakukan sejak 18 Agustus hingga 3 September 2020. Beberapa di antaranya berkaitan dengan pemilihan umum AS, namun Microsoft mengklaim hingga saat ini belum ada yang berhasil.

Salah satu target yang diretas adalah sebuah firma konsultan hukum Washington, yang bekerja untuk kampanye Joe Biden, bernama SKDKnickerbocker.

Berdasarkan laporan Reuters, Microsoft baru-baru ini telah mengingatkan perusahaan tersebut bahwa ada intelijen Rusia yang telah mengirim e-mail phishing ke SKDKnickerbocker.

E-mail phishing tersebut dapat mencuri informasi login yang dapat memberikan akses ke dokumen atau sistem pribadi.

Menurut Burt, Rusia sedang menargetkan lebih dari 200 organisasi yang di antaranya memiliki hubungan dan berafiliasi dengan pemilu AS atau kebijakan Eropa, termasuk konsultan untuk kedua partai besar AS.

Baca juga: Kampanye Trump di Pilpres AS 2020 Terancam Direcoki Hacker Iran

Sementara, direktur analisis intelijen di Mandiant Solutions, John Hultquist menjelaskan bahwa target para hacker itu adalah orang-orang yang memiliki hubungan dengan kampanye Joe Biden dan Presiden Donald Trump.

"Intelijen militer Rusia yang kami yakini merupakan ancaman terbesar bagi proses demokrasi ini," tutur Hultquist melalui pesan tertulis.

Kampanye pemilihan Presiden AS sendiri telah berjalan sekitar dua bulan. Sedangkan Pemilihan umum Presiden AS 2020, dijadwalkan pada Selasa, 3 November 2020. Ini akan menjadi pemilihan umum Presiden AS empat tahunan yang ke-59. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com