Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Operasi BlackBerry Resmi Dihentikan Awal 2022

Kompas.com - 15/09/2020, 07:03 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber BlackBerry

KOMPAS.com - BlackBerry OS pernah menjadi alternatif sistem operasi selain Android dan iOS, namun lambat laun namanya tenggelam karena kalah populer. BlackBerry sendiri pun belakangan beralih ke Android.

BlackBerry sempat memperpanjang dukungan untuk sistem-sistem operasi lawasnya hingga beberapa kali, namun kini akhir riwayat mereka sudah ditentukan. Lewat keterangan di situsnya, BlackBerry sudah menetapkan jadwal, yakni 4 Januari 2022.

Baca juga: BlackBerry Rilis Ponsel 5G 2021, Tetap dengan Keyboard Fisik

Tanggal tersebut menandai end-of-life dari tiga sistem operasi lawas BlackBerry, yakni Blackberry 7.1 OS, Blackberry 10, dan Blackberry PlayBook OS 2.1

"Setelah 4 Januari 2022, perangkat-perangkat yang menjalankan layana (OS) ini tak akan beroperasi lagi. Layanan kami perpanjang hingga tanggal itu sebagai ungkapan terima kasih kepada mitra dan pelanggan setia kami," tulis BlackBerry.

Akhir masa dukungan BlacBerry OS akan turut berdampak pada sejumlah layanan lain seperti BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, BlackBerry Protect -kecuali BlackBerry Protect versi baru yang berbasis AI.

Baca juga: Selamat Tinggal BlackBerry Messenger

Adapun aplikasi pesan instan BBM Enterprise dan BBM Enterprise for Individual Use (BBMe) akan tetap berfungsi dan tersedia di platform lain di luar BlackBerry OS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs BlackBerry, Selasa (15/9/2020).

Perangkat BlackBerry OS 10 dan BBOS terakhir diproduksi pada 2015. Pada 2017, BlackBerry memperpanjang masa dukungannya selama dua tahun. Kemudian, pada 2019, masa dukungan diperpanjang lagi, sampai akhirnya akan dihentikan pada 4 Januari 2022 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BlackBerry


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com