Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Umumkan iPad 8, Desain Sama tapi Lebih Bertenaga

Kompas.com - 16/09/2020, 13:17 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selain iPad Air 4, dalam acara yang digelar secara online dini hari tadi, Apple juga mengumumkan kehadiran satu buah perangkat tablet lainnya, yakni iPad generasi ke-8. Sebagai produk entry-level, harga iPad 8 paling terjangkau di antara model-model iPad lain.

Pembaruan yang paling kentara dari iPad 8 ada di sektor dapur pacunya yang kini menggunakan chip A12 Bionic -sama dengan milik iPad Mini 5 dan iPad Air 3 (2019). Sebelumnya, iPad 7 (2019) hanya mengandalkan A10 Fusion keluaran 2016.

Baca juga: Apple Luncurkan iPad Air 4, Pertama dengan Chip Terkuat A14 Bionic

Selain memiliki performa olah grafis dua kali lebih tinggi dibanding chip iPad generasi sebelumnya, yang A12 Bionic sekaligus membawa teknologi machine learning "Neural Engine" Apple untuk pertama kalinya ke model iPad entry level.

Dari segi desain, iPad 8 terbilang belum berubah,masih dengan tombol home merangkap pemindai sidik jari dan konektor Lightning, alih-alih USB tipe C seperti jajaran iPad Air atau iPad Pro.

iPad 8 dengan Apple PencilThe Verge iPad 8 dengan Apple Pencil


Ukuran layarnya pun masih 10,2 inci dengan bingkai tebal di sisi atas dan bawah, dan dukungan stylus Apple Pencil tetap terbatas pada generasi pertama saja.

Kamera tunggal di punggung iPad 8 beresolusi 8 MP, sementara kamera FaceTime di bagian depan memiliki resolusi 1,2 MP.

Karena fisiknya sama, Apple pun menyebutkan aksesori iPad 7 seperti casing bisa juga digunakan di iPad 8. Apple sendiri turut menyediakan Smart Keyboard untuk iPad 8.

Baca juga: MacBook Air dan iPad Pro 2020 Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harganya

Untungnya, harga iPad 8 juga ikut tak berubah dari sebelumnya, bertahan di angka 329 dollar AS atau sekitar Rp 4,8 juta untuk versi 32 GB Wi-Fi only, hingga 559 dollar AS atau sekitar Rp 8,3 juta untuk versi 128 GB Wi-Fi + seluler.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (16/9/2020), iPad 8 tersedia dalam tiga varian warna yakni space gray, silver, dan gold .Apple rencananya akan membuka sesi pemesanan iPad 8 pada 18 September mendatang, bersamaan dengan masa pre-order Apple Watch SE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com