Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Otak" iPhone 12 Tak Sekencang Snapdragon 865 Plus?

Kompas.com - 20/09/2020, 10:24 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejalan dengan rumor yang beredar, Apple tidak meluncurkan model iPhone teranyar, yang diduga kuat bernama iPhone 12, pada acara virtual bertajuk "Time Flies" yang digelar 15 September lalu.

Sebagai gantinya, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat, tersebut mengumbar kemampuan chip teranyar A14 Bionic lewat iPad Air 4. Chip inilah yang digadang-gadang bakal menjadi "otak" berbagai perangkat Apple selanjutnya, termasuk iPhone 12.

Baca juga: Apple Luncurkan iPad Air 4, Pertama dengan Chip Terkuat A14 Bionic

Namun, sebuah bocoran benchmark AnTuTuyang belakangan beredar memperlihatkan bahwa A14 Bionic mungkin tak sekencang Snapdragon 865 Plus dari Qualcomm yang menjadi dapur pacu beberapa smartphone Android.

Tangkapan layar benchmark dibagikan oleh pembocor gadget Ice Universe (@UniverseIce) melalui akun Twitternya. Di dalamnya tercantum perangkat bernama "iPhone 12 Pro Max" menghasilkan skor keseluruhan sebesar 572.333 poin.

Angka tersebut lebih rendah dibanding skor ponsel Snapdragon 865 Plus, yang berkisar di rentang 590.000 hingga 610.000 poin.

Apabila dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 11 Pro Max, skor performa iPhone 12 Pro Max hanya terpaut sekitar 47.000-an poin saja. Artinya, peningkatan kinerja dari chipset A13 BIonic ke A14 Bionic terlihat tidak begitu signifikan.

Selain performa keseluruhan, skor user experience (UX) iPhone 12 Pro Max, dengan angka 81.927 poin, juga terlihat nyaris identik dengan iPhone 11 Pro Max dengan skor 83.715 poin.

Baca juga: Apple Perkenalkan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch SE, Harganya?

Ice Universe lantas berspekulasi bahwa skor performa ini tak begitu tinggi lantaran fokus Apple di A14 Bionic adalah daya tahan baterai yang diklaim bakal lebih hemat 30 persen.

Selain itu, chips yang dibuat dengan proses fabrikasi 5 nanometer (nm) ini juga konon dirancang untuk meredam panas dan meningkatkan performa ponsel di sektor AI.

Kendati demikian, bocoran benchmark di atas belum dapat dipastikan kebenarannya. Apple pun masih mengembangkan iPhone 12 sehingga skor finalnya nanti bisa saja berbeda, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Minggu (20/9/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com