Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Pastikan Usia PS4 Tinggal 4 Tahun

Kompas.com - 21/09/2020, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Sony mengonfirmasi akan meluncurkan konsol game PlayStation 5 (PS5) pada 12 November mendatang. Dengan dirilisnya konsol baru ini, muncul pertanyaan mengenai nasib konsol pendahulunya, PS4.

Menjawab pertanyaan tersebut, President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan, mengatakan bahwa Sony masih akan memberi dukungan untuk PS4 selama beberapa tahun ke depan.

Hal tersebut diungkapkan Ryan, dalam sebuah wawancara dengan Washington Post baru-baru ini.

"Komunitas PS4 akan tetap kami anggap penting (didukung) oleh kami selama tiga hingga empat tahun ke depan," kata Ryan.

Ryan juga meyakini bahwa sebagian pengguna PS4 nantinya akan beralih ke PS5, seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Resmi, Ini Harga dan Jadwal Kehadiran PlayStation 5

Namun, sebagian pengguna lainnya masih akan tetap setia dengan konsol Sony yang penjualannya kini diklaim sudah menembus angka ratusan juta itu.

"Akan banyak pengguna PS4 yang bakal beralih ke PS5, namun, puluhan juta pemain bakal tetap setia dengan PS4," imbuh Ryan.

Tidak disebutkan secara rinci seperti apa bentuk dukungan Sony terhadap PS4 yang disebut Ryan. Ada kemungkinan nantinya Sony juga akan merilis game PS5 untuk konsol PS4.

Sepert tiga game anyar yang dirancang untuk PS5, yakni Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Horizon Forbiden West, dan Sackboy A Big Adventure juga dipastikan bakal meluncur di PS4.

Selain game, dukungan terhadap PS4 juga biasanya bisa berupa pembaruan (update) sistem, penjualan, layanan perbaikan, dll.

Baca juga: Harga Game PS5 Bakal Lebih Mahal dari PS4, Ini Alasannya

Umur PS4 bakal tembus 10 tahun?

Terkait durasi dukungan PS4, jangka waktu 3-4 tahun yang diungkap Ryan memang terbilang wajar apabila melihat siklus produk konsol besutannya.

Seperti PS1 yang diluncurkan pada 1994 misalnya. Dukungan untuk PS1 disetop pada 2006, kurang lebih 6 tahun setelah PS2 meluncur pada tahun 2000. Artinya, umur dukungan PS1 mencapai kurang lebih 12 tahun.

Kemudian PS2 discontinue pada 2013, kurang lebih 13 tahun setelah konsol game tersebut diluncurkan pada 2000 atau sekitar 6 tahun setelah PS3 meluncur. 

Lalu, PS3 disetop dukungannya pada 2017 lalu setelah masa hidupnya mencapai kurang lebih 11 tahun (diluncurkan sekitar 2006), atau 4 tahun setelah PS4 diluncurkan.

Dirangkum KompasTekno dari Geek Culture, Senin (21/9/2020) PS4 sendiri kini sudah berumur nyaris 7 tahun sejak diperkenalkan pada November 2013 lalu.

Sehingga wajar saja jika PS4 bakal mendapatkan dukungan selama 3 hingga 4 tahun ke depan dan masa hidupnya nanti bakal menyentuh di atas 10 tahun, seperti PlayStation generasi-generasi sebelumnya.

Baca juga: Sony Sebut PS5 Bisa Jalankan Hampir Semua Game PS4


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com