Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garasi Tempat Kelahiran Google Bisa Dilihat di Street View, Ini Caranya

Kompas.com - 27/09/2020, 12:09 WIB
Oik Yusuf

Editor

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Tangggal 27 September 2020, Google genap berusia 22 tahun. Raksasa search engine itu adalah salah satu nama yang paling dikenal di dunia teknologi.

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa Google lahir di sebuah garasi yang terletak di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Pengguna Google di seluruh dunia bisa melihat langsung bentuk garasi tempat Larry Page dan Sergey Brin "melahirkan" Google tahun 1998 lalu melalui Google Street View.

Untuk melihat bagaimana bentuk bangunan garasi bersejarah tersebut secara 360 derajat, pengguna Google Maps bisa mencari tempat bernama "Susan's Garage", atau klik pada tautan berikut.

Nama Susan diambil dari Susan Wojcicki yang berjasa menyewakan garasi rumahnya di Menlo Park kepada Page dan Brin yang kala itu berstatus sebagai mahasiswa Ph.D Universitas Stanford.

Baca juga: Ulang Tahun Hari Ini, Nama Google Ternyata Berasal dari Salah Ketik

Jika dilihat, garasi milik Susan tidak seperti garasi pada umumnya, yang identik dengan ruang petak kosong berukuran pas-pasan. Garasi yang terbuat dari kayu ini tampak sedikit lebih luas, dengan beberapa perkakas rumah tangga memenuhi ruangan.

Dari fitur Street View di Google Maps, tampak ada beberapa unit komputer lawas untuk kembali bernostalgia dengan versi beta Google saat itu. Beberapa komputer menampakan display logo jadul Googe dengan antarmuka yang agaknya belum sesederhana sekarang.

Selain komputer, beberapa kabel, pipa pemanas, pengering, tumpukan perkakas rumahan tampak berserakan di "kantor" awal Google itu.

Jika meneruskan penelusuran ke dalam rumah Susan, terpampang sebuah papan tulis putih dengan tulisan "Google Worldwide Headquarter" atau Markas Global Google.

Tampilan Susans Garage di Google Street ViewGoogle Tampilan Susans Garage di Google Street View

Dari kamar kos ke Googleplex

Dirangkum KompasTekno dari CNBC, Minggu (27/10/2018), pada tahun 2015 Susan pernah bercerita bahwa ia menarik uang sewa dari Page dan Brin sebesar 1.700 dollar AS per bulan untuk menggunakan garasinya saat itu.

Bahkan, Susan juga menarik deposit kemanan dari dua pendiri Google tersebut. Kala itu Susan masih bekerja di divisi marketing Intel. Kini, Susan yang dulu induk semang Page dan Brin menjabat sebagai CEO YouTube, yang juga dinaungi Google.

Sebelum pindah ke garasi rumah Susan, Page dan Brin hanya mengandalkan kamar kos mereka di kampus Stanford untuk mengotak-atik algoritma software yang menjadi cikal bakal Google.

Baca juga: Fitur Baru Google Maps Tampilkan Informasi Persebaran Pasien Covid-19

Mereka berdua baru berani pindah dan menyewa garasi Susan setelah mendapat investasi dari co-founder Sun Mycrosystems, Andy Bechtolsheim, sebesar 100.000 dollar.

Di tahun berikutnya, Google mendapat investasi lebih besar lagi dari Jeff Bezos, pendiri Amazon yang mengenal Page serta Brin dari salah satu pegawai Amazon.

Barulah tahun 1999, Google hijrah ke Palo Alto, dan menyewa kantor. Saat itu Google sudah membukukan pendapatan 220.000 dollar AS per tahun.

Tahun 2003, Google menyewa komplek perkantoran di Mountan View, California yang saat ini menjadi Googleplex seluas 190.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com