Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game FarmVille Akan Ditutup Akhir 2020

Kompas.com - 29/09/2020, 12:15 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Zynga

KOMPAS.com - Setelah menemani pemain selama 11 tahun terakhir, Zynga memutuskan untuk menghentikan layanan game simulasi peternakan yang sempat banyak digemari di Facebook, FarmVille.

Melalui laman resmimya Zynga selaku pengembang FarmVille menjelaskan bahwa keputusan ditutupnya game tersebut dilatarbelakangi penghentian dukungan Flash oleh Adobe dan Facebook.

Zynga menuliskan, beberapa waktu lalu Adobe secara resmi mengumumkan bakal menghentikan layanan animasi di internet, yakni Flash Player, per tanggal 31 Desember 2020.

Baca juga: Game RPG Genshin Impact Dirilis, Pengguna PS4, PC, dan Mobile Bisa Main Bareng

"Oleh sebab itu, seluruh game berbasis Flash (termasuk FarmVille) tidak lagi dapat dimainkan setelah akhir tahun 2020," ujar Zynga.

FarmVille  akan ditutup secara bertahap. Saat ini, pemain masih dapat menikmati FarmVille seperti biasa, namun layanan pembelian dalam game (in-game app purchase) dan fitur top-up akan disetop mulai 17 November mendatang.

Pemain juga disarankan untuk menggunakan seluruh item dan mata uang di dalam game sebelum game benar-benar ditutup. Sebab, setelah penutupan server, Zynga mengatakan tidak akan memberikan refund dalam bentuk apa pun kepada para pemain.

Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada pemain setia FarmVille, Zynga tengah menyiapkan event seru yang dijanjikan akan hadir dalam waktu dekat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Zynga, Selasa (29/9/2020).

Baca juga: Game Lawas Rollercoaster Tycoon 3 Bisa Diunduh Gratis di Epic Games Store

FarmVille sendiri merupakan game simulasi peternakan besutan Zynga yang meluncur pada 19 Juni 2009. FarmVille menyajikan gameplay yang sederhana, di mana para pemain dapat bercocok tanam dan menggembala hewan ternak.

Karena sempat populer di zamannya, Zynga kemudian melahirkan beberapa sekuel game yang serupa, seperti Farmville 2: Tropic Escape dan Farmville 2: Country Escape, serta FarmVille 3 yang akan hadir di platform mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Zynga


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com