Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puasa Medsos Tanpa Ketinggalan Berita, Begini Caranya

Kompas.com - 05/10/2020, 15:28 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain untuk menjaga komunikasi dengan teman dan keluarga, media sosial sudah menjadi alat hiburan sekaligus sarana memperoleh berita terbaru untuk para penggunanya.

Namun, seperti juga banyak hal lainnya, kalau dilakukan secara berlebihan apalagi sampai kecanduan, aktivitas di media sosial justru bisa membawa dampak buruk.

Oleh karena itu, kalau merasa sudah terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial, mungkin ada baiknya "puasa" atau rehat sejenak. Namun, ini juga bisa menimbulkan kekhawatiran bakal ketinggalan berita tren terkini, atau topik yang kerabatnya tengah ramai perbincangkan.

Baca juga: Begini Tanda-tanda Orang yang Harus Puasa Media Sosial

Kekhawatiran semacam ini dikenal sebagai fear of missing out (FOMO). Alif Aulia Masfufah, psikolog klinis dari Komunitas Love Yourself Indonesia, menyebutkan bahwa orang yang mengalami FOMO biasanya memang punya sifat cemas dan tidak percaya diri.

Menurut Aulia, FOMO bisa dihilangkan dengan cara meningkatkan rasa percaya diri, misalnya mengurangi rasa takut terhadap aneka kemungkinan di benak kita yang belum tentu saja terjadi.

Aulia melanjutkan, untuk mengatasi FOMO, pengguna sebenarnya bisa menggunakan platform selain media sosial untuk tetap mengikuti berita terkini atau beragam hal yang sedang ramai diperbincangkan (trending) di Indonesia.

Salah satu yang populer dan paling mudah digunakan adalah Google Trends. Tool berbasis web dari Google ini bisa dipakai untuk melihat topik-topik apa saja yang sedang trending atau banyak dicari orang di internet.

Baca juga: Begini Cara Mengurangi Kecanduan Media Sosial Menurut Psikolog

"Kalau orang yang tidak punya media sosial, Google Trends juga bisa membantu karena kita bisa tahu hal apa yang lagi happening di Indonesia saat ini hanya dari satu sumber," kata Aulia.

Cara menggunakan Google Trends

Google Trends mudah untuk digunakan. Bahkan, pengguna tidak perlu memiliki akun Google untuk menelusuri fitur-fitur yang ada di situs pemantau tren tersebut.

Untuk mengakses Google Trends, cukup kunjungi situs trends.google.co.id. Lalu, klik ikon "tiga garis" yang tersusun secara horizontal di pojok kiri tampilan dan pilih menu "Trending Searches".

Ilustrasi Google Trends.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Google Trends.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan topik apa saja yang sedang ramai dicari oleh orang Indonesia, baik itu secara harian (daily) maupun secara berkala (realtime).

Di tampilan ini, pengguna lantas bisa mengeklik topik yang mereka inginkan dan Google pun bakal menyediakan beragam berita yang berkaitan dengan topik tersebut.

Selain melihat apa yang sedang ramai dicari, pengguna juga bisa memasukkan kata kunci (keyword) untuk melihat apakah suatu topik sedang ramai dicari oleh orang atau tidak. Keyword bisa dimasukkan di kolom pencarian di halaman utama Google Trends tadi.

Baca juga: Film Dokumenter The Social Dilemma di Netflix Gambarkan Seramnya Media Sosial

Pengguna medsos yang ingin menghilangkan kecemasan terkait FOMO bisa berkonsultasi di komunitas Love Yourself Indonesia. Komuntas ini merupakan forum independen yang fokus pada isu kesehatan mental, terutama bagi kalangan anak muda.

Love Yourself Indonesia juga memberikan edukasi agar orang-orang memiliki kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental.

Informasi lebih lanjut tentang komunitas Love Yourself Indonesia bisa dilihat di situs web berikut atau lewat Instagram @loveyourself_indonesia.

Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai dampak media sosial dan kesehatan mental, berikut pemaparan Aulia tadi, bisa dilihat di kanal YouTube KompasTekno di video berjudul "AntarMuka #3: Detoks Media Sosial Perlu Enggak Sih?".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com