Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Belanja Instagram Shopping Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 06/10/2020, 10:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dirilis secara global sekitar bulan Juli lalu, fitur belanja Instagram atau Instagram Shopping akhirnya mulai muncul di Indonesia. Pengguna kini bisa langsung berbelanja lewat Instagram tanpa harus keluar dari aplikasi.

Menurut pengamatan KompasTekno, Selasa (6/10/2020) dengan aplikasi Instagram versi 162.0.0 di Android, Instagram Shopping bisa ditemukan di feed akun Instagram gerai online atau kreator dengan ikon sebuah gambar tas.

Ikon tersebut berjajar dengan ikon galeri, IGTV, dan tagged di laman profil. Setelah mengklik ikon belanja, pengguna akan disuguhkan katalog yang berisi produk, nama produk, serta harga.

Baca juga: Kakek 94 Tahun Pecahkan Rekor 1 Juta Follower Instagram Tercepat

Setelah memilih salah satu produk, klik "view on website" yang akan membawa pengguna ke situs resmi toko tersebut untuk menyelesaikan proses belanja termasuk pembayaran.

Tangkapan layar fitur Instagram Shopping di Indonesia.Instagram Tangkapan layar fitur Instagram Shopping di Indonesia.

Agak berbeda dengan Instagram Shopping versi global, Instagram Shopping di Indonesia belum bisa menggunakan Facebook Payment untuk proses transaksi.

Belum diketahui apakah Instagram Shopping juga akan tersedia di IGTV seperti versi global atau tidak.

Baca juga: Facebook Akhirnya Gabungkan Messenger dan Direct Message Instagram

Kemungkinan, fitur ini juga bisa ditemukan di Instagram Stories gerai online atau kreator dan juga tab explore. Apabila belum mendapat fitur ini, cobalah untuk memperbarui aplikasi Instagram di Play Store untuk Android dan Apps Store untuk iOS.

Instagram Shopping bisa jadi belum tersedia secara meluas di Indonesia. Sebab, KompasTekno juga menemukan akun yang belum kebagian fitur tersebut meskipun versi aplikasi yang digunakan sama.

Update: Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian mengatakan fitur shopping telah mulai dirilis untuk akun bisnis di Indonesia secara bertahap. Fitur ini akan tersedia di feed utama Instagram, feed, tab explore, dan IGTV.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com