Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Oktober, Apple Gelar Acara Peluncuran iPhone 12

Kompas.com - 07/10/2020, 06:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Apple menyebar undangan hajatan bertajuk Apple Event yang akan berlangsung 13 Oktober mendatang. Seperti biasa, dalam undangan tersebut tidak disebutkan secara jelas produk apa yang akan diluncurkan.

Namun, kemungkinan besar perusahaan asal Cupertino, AS itu akan memperkenalkan lini iPhone 12 yang sudah ditunggu-tunggu. Sebab, bulan September lalu, Apple sudah meluncurkan produk lain yakni iPad Air 4 dan Apple Watch Series 6.

Acara yang akan digelar di Apple Park ini akan disiarkan secara online di situs apple.com pukul 10.00 pagi waktu setempat atau sekitar pukul 00.00 WIB tanggal 14 Oktober.

Baca juga: Bocoran Harga iPhone 12 Beredar, Termurah Rp 9,6 Juta

Selain tulisan "Hi, Speed" yang kemungkinan merupakan tajuk acara, kalimat undangan, dan jadwal, wndangan tersebut hanya menampilkan logo Apple di atas empat bidang bundar berwarna gradasi jingga dan biru tua.

"Hi, Speed" merupakan permainan kata yang bisa diartikan sebagai "Hai, kecepatan", atau "Kecepatan tinggi". Ini kemungkinan mengacu pada dapur pacu iPhone 12 yang lebih ngebut dari sebelumnya.

Rumor yang beredar menyebut iPhone 12 akan ditenagai chip A14 Bionic yang merupakan SoC terkuat Apple saat ini. Chip tersebut juga tertanam di iPad Air 4 yang diluncurkan bulan September lalu.

Kemungkinan pula, "Hi, Speed" menjadi petunjuk bahwa iPhone 12 nantinya akan mengusung konektivitas 5G berkecepatan tinggi, seperti yang sudah banyak ditunggu-tunggu penggemarnya.

Baca juga: Mengenal Chip A14 Bionic yang Bakal Jadi Dapur Pacu iPhone 12

Salah satu pengulas gadget kenamaan, Ben Geskin mengunggah sebuah video yang menunjukan keunikan undangan Apple Event. Undangan tersebut akan menampilkan bentuk 3D berkat teknologi augmented reality (AR).

Dalam salah satu komentar, Geskin mengatakan undangan Apple Event versi AR bisa dibuka lewat situs https://www.apple.com/apple-events, kemudian tap logo Apple yang bewarna jingga. Namun, tampilan AR ini hanya bisa dibuka dengan perangkat Apple saja.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

#AppleEvent AR ????

A post shared by Ben Geskin (@bengeskin) on Oct 6, 2020 at 9:31am PDT

Dirangkum KompasTekno dari CNBC, Rabu (7/10/2020), Apple kemungkinan akan memperkenalkan empat model iPhone yang terdiri dari dua iPhone 12 reguler dan dua model berembel-embel "Pro".

Kabarnya, keempat model akan membawa desain baru dengan bulatan sudut lebih tajam seperti iPad Air 4. Analis Ming-Chi Kuo yang sering membeberkan rumor tentang produk Apple mengatakan bahwa desain baru iPhone nanti akan serupa dengan iPhone 4 tahun 2010.

Baca juga: Bocoran Tampang 4 Versi iPhone 12

Model paling "kecil" disebutnya akan mengusung nama iPhone mini yang memiliki bentang layar 6,4 inci. Kemudian dua model memiliki bentang layar 6,1 inci dan satu lagi memiliki bentang layar 6,7 inci.

Rumor lain mengatakan iPhone 12 Pro akan memiliki sensor 3D lidar yang baru untuk mendukung teknologi AR. Sensor ini pertama kali diperkenalkan di iPad Pro terbaru. Namun, karena baru rumor, kepastiannya hanya bisa dilihat tanggal 13 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com