Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zeiss ZX1, Kamera dengan OS Android Dijual Rp 88 Juta

Kompas.com - 07/10/2020, 09:01 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Zeiss pertama kali mengumumkan kehadiran kamera Android ZX1 pada September 2018. Lama tak terdengar, kini kamera ini sudah bisa dipesan di situs toko kamera Amerika Serikat, B&H.

Kamera dengan OS Android, sensor full-frame 37 MP, dan lensa Zeiss Distagon T* 35mm f/2 dibanderol harga yang cukup fantastis, yakni 6.000 dollar AS atau sekitar Rp 88,5 juta.

Zeiss ZX1 dibekali varian sistem operasi Android, sehingga bisa menjalankan aplikasi Lightroom CC di layar sentuhnya yang berukuran 4,3 inci.

Baca juga: Masuk Indonesia, Kamera Sony A7S Mark III Dijual Rp 51 Juta

Pengguna Zeiss ZX1 pun bisa langsung menyunting foto di kamera, tanpa perlu memindahkannya lebih dulu ke perangkat lain, seperti smartphone atau laptop.

Selain layar, ZX1 juga menyediakan jendela bidik elektronik (EVF) dengan tingkat magnifikasi 0,74x. Tak lupa, konektivitas wireless berupa Bluetooth dan Wi-Fi turut disematkan oleh Zeiss yang dikenal sebagai pabrikan lensa berbanderol mahal.

Penampilan Zeiss ZX1 dari depan dan atas. Ada tiga kenop fisik untuk mengatur aperture lensa, kecepatan rana, dan tingkat ISOZeiss Penampilan Zeiss ZX1 dari depan dan atas. Ada tiga kenop fisik untuk mengatur aperture lensa, kecepatan rana, dan tingkat ISO

Bodi ZX1 terkesan minimalis dan minim tombol, karena sebagian besar kendali dilakukan lewat layar sentuh, termasuk untuk menggonti-ganti mode pemotretan.

Meski demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (7/10/2020), kamera ini masih menyediakan tiga buah kenop fisik, yang masing-masing berfungsi untuk mengatur aperture lensa, kecepatan rana, dan tingkat ISO.

Baca juga: 9 Aplikasi Gratis untuk Edit Foto di Android

Zeiss ZX1 memiliki rentang sensitivitas ISO 80-51.200, burst speed sebesar 3 fps, resolusi video hingga 4K 30 FPS atau fulll HD 60 FPS, dan baterai berkapasitas 3.190 mAh.

Fitur lain termasuk port USB tipe C, konektor jack mikrophone dan headphone untuk membantu perekaman video, serta media internal berkapastias 512 GB.

Kendati sudah bisa dipesan, masih belum diketahui kapan Zeiss ZX1 akan dikirimkan ke tangan pembeli. Belum ada info juga apakah ZX1 akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com