Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

First Media Catat Kenaikan Jumlah Pelanggan Terbesar Saat WFH

Kompas.com - 07/10/2020, 12:21 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan internet dan TV kabel PT Link Net Tbk, dengan lini bisnis First Media, melaporkan kenaikan jumlah pelanggan selama masa pandemi Covid-19.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (7/10/2020), tercatat bahwa hingga semester I-2020, ada 94.187 pelanggan baru layanan First Media. Angka kenaikan jumlah pelanggan tersebut adalah yang tertinggi dalam sejarah perusahaan.

Sebagai perbandingan, sepanjang tahun 2019, jumlah penambahan pelanggan First Media sepanjang 2019 adalah 73.498 pelanggan.

Baca juga: Kabel Internet Asia-Amerika Putus Tidak Pengaruhi IndiHome dan First Media

Dengan demikian, total jumlah keseluruhan pelanggan First Media hingga saat ini dilaporkan sebanyak 762.392 pelanggan.

Pada periode yang sama, First Media mengeklaim menambah 152.541 homes passed ke dalam jaringannya, dan secara total tercatat menjadi 2.621.180 homes passed.

Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk Santiwati Basuki mengatakan bahwa tingginya permintaan kebutuhan internet ini dipicu oleh kebutuhan work from home (WFH) dan online learning.

"Kami menerapkan strategi bisnis dengan empat fokus utama di masa pandemi ini, yaitu menjaga service quality, menerapkan business continuity plan, menjalankan CSR, dan meluncurkan program yang mendukung pelanggan agar tetap produktif," kata Santiwati.

Baca juga: Kabel Internet Asia-Amerika Putus, Indonesia Terpengaruh?

Ia juga mengeklaim, hingga saat ini kapasitas jaringan First Media sangat memadai untuk melayani kenaikan trafik yang terjadi.

"Kami terus memantau trafik layanan dan proaktif melakukan peningkatan kapasitas jaringan di area yang mengalami trafik tinggi," ungkap Santiwati.

Sebagai catatan, pada tahun 2019, Link Net membukukan pendapatan sebesar Rp 3,755 miliar, meningkat 7,0 persen (YoY). Sedangkan pada kuartal II-2020, pendapatan tercatat sebesar Rp 971 miliar, meningkat 6,2 persen jika dibandingkan dengan kuartal II-2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com