Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update iOS 14 Bikin Baterai Jadi Boros? Ini Solusinya

Kompas.com - 08/10/2020, 19:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sistem operasi iOS 14 digulirkan untuk pengguna iPhone petengahan September lalu. Namun, sejumlah pengguna tampaknya kurang puas dengan efek samping setelah update ke iOS 14.

Mereka mengeluhkan baterai yang terkuras dalam waktu singkat. Salah satunya dikicaukan oleh pengguna iOS 14 dengan nama akun Pratish Gupta. Lewat twitnya, Gupta mengaku daya baterai berkurang drastis dari 90 persen ke 3 persen hanya dalam waktu satu jam.

Pengguna lain dengan nama akun Abeera MuGhal juga mengeluhkan hal senada. Dia mengaku harus mengecas dua kali sehari karena baterai lekas terkuras.

Baca juga: iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Diunduh, Begini Caranya

Apple juga sebenarnya telah merilis pembaruan iOS 14.0.1. Namun, pembaruan itu tidak mencakup masalah daya baterai yang bocor secara spesifik.

Lantas bagaimana solusinya?

Dalam sebuah halaman informasi yang terpisah, Apple menyarankan pengguna untuk semua konten yang ada di perangkat iPhone yang bermasalah.

Sebelum menghapus, Apple menyarankan pengguna agar mencopot sambungan perangkat iPhone dengan Apple Watch,

Kemudian, pengguna disarankan mencadangkan (back up) semua data perangkat di iCloud yang lalu menghapus semua konten di iPhone. Setelah itu, pulihkan kembali cadangan data di iPhone dan Apple Watch yang telah di back-up tadi.

Baca juga: iOS 14 Bikin Pinterest Pecahkan Rekor Download Terbanyak

Halaman informasi tersebut sebenarnya ditujukan bagi pengguna yang mengalami masalah hilangnyak rute GPS saat olahraga atau data kesehatan setelah melakukan pembaruan ke IOS 14 dan watchOS 7.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (8/10/2020) langkah-langkah itu pun sejatinya bertujuan untuk mencegah hilangnya data rute olahraga dan tidak bisa mengembalikan data yang terlanjur hilang.

Namun, dalam daftar masalah yang diperbaiki, Apple mencantumkan masalah daya baterai yang cepat habis di iPhone maupun Apple Watch. Cara selengkapnya bisa disimak di laman berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com