Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Trophies" yang Sudah Didapatkan di PS4 Bakal Dibawa ke PS5

Kompas.com - 11/10/2020, 18:03 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna konsol game PlayStation Vita (PSVita), PlayStation 3 (PS3), dan PlayStation 4 (PS4) pastinya sudah tidak asing lagi dengan sistem pencapaian (achievement) permainan yang dijuluki "Trophies".

Sistem yang memiliki indikator level tersebut merekam berbagai pencapaian yang diraih si pemilik konsol, misalnya ketika menamatkan sebuah game.

Kini, Sony mengonfirmasi bahwa sistem Trophies di PS4 bakal dibawa ke PS5. Artinya, pemain tak perlu khawatir kehilangan achievement atau daftar rekor yang mereka dapatkan di PS4, ketika nanti beralih ke PS5.

Baca juga: Penampakan Detail Ukuran PS5 yang Lebih Bongsor dari PS4 Pro

"Beragam Trophies yang didapatkan di konsol game sebelumnya (PSVita, PS3, dan PS4) bakal dibawa ke sistem PS5, sama seperti generasi-generasi sebelumnya," ujar Director Product Management, Sony Interactive Entertainment, Toshimasa Aoki, dalam sebuah pengumuman.

Nantinya, seluruh Trophies yang pernah didapat bisa dilihat di berbagai sistem PlayStation, seperti PSVita, PS3, PS4, dan PS5.

Progress poin yang didapatkan untuk meningkatkan level dari Trophies tersebut juga bakal bisa dipantau melalui smartphone di PS App dan situs My PlayStation.

Peningkatan level Trophies

Terkait level, Sony juga mengonfirmasi bahwa pihaknya bakal meningkatkan maksimal level dari keseluruhan Trophies yang kita dapat, dari semula 100 ke 999.

Pembagiannya terdiri dari empat tingkat, yakni Bronze (level 1-299), Silver (level 300 - 500), Gold (level 600 - 998), dan Platinum (level 999).

Nah, ketika pembaruan ini telah diterapkan, level Trophies yang pemain miliki nantinya bakal disesuaikan berdasarkan jumlah pencapaian dan game yang dimainkan.

Baca juga: Beda dari PS4, PS5 Ternyata Senyap dan Adem

Misalnya, jika level dari Trophies kita berada di angka 12, maka level tersebut bisa saja bakal ditingkatkan ke angka yang lebih tinggi dan bahkan bisa menembus level 100.

Untuk lebih mempermudah pengguna sedekat apa mereka dengan level selanjutnya, ilustrasi ikon Trophies juga bakal dirombak.

Ilustrasi penggantian ikon level dalam Trophies.Sony Ilustrasi penggantian ikon level dalam Trophies.
Contohnya, ikon Trophies level 1-99 bakal berbentuk piala Bronze saja, sedangkan Trophies level 299 (yang mendekati tingkat Silver), bakal dihiasi dengan beragam garis ekstra yang melingkari piala Bronze tadi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog PlayStation, Minggu (11/10/2020), pembaruan sistem level Trophies ini bakal digulirkan ke seluruh konsol game yang mendukung  (secara sistem) mulai hari ini.

Baca juga: Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

Namun, pembaruan tersebut tampaknya baru tersedia untuk wilayah Amerika Utara dan Eropa saja.

Belum diketahui kapan region Asia bakal mendapatkan fitur peningkatan level Trophies ini. KompasTekno telah menghubungi pihak Sony. Namun, hingga waktu berita ini ditulis, belum ada konfirmasi terkait pembaruan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com