Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain iPhone 12, Tiga iPhone Ini Dijual Tanpa Charger dan Earphone

Kompas.com - 15/10/2020, 07:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Melalui acara peluncuran bertajuk "Hi, Speed" yang digelar pada Rabu (14/10/2020) dini hari, Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone 12.

Ada empat varian iPhone yang hadir, yakni iPhone 12 "reguler", iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Keempat iPhone tersebut hadir tanpa disertai kepala (adapter) charger dan earphone di dalam kotak penjualan. Ini pertama kalinya Apple menjual iPhone tanpa kedua aksesori tambahan tersebut. 

Selain lini iPhone 12, Apple juga diketahui akan menghilangkan aksesori tersebut dari tiga paket penjualan iPhone lainnya. Ketiganya adalah iPhone 11, iPhone SE 2020, dan iPhone XR.

Hal tersebut diketahui dari halaman pembelian di situs Apple.com. Di sana, Apple terdapat keterangan bahwa Apple tidak lagi menyertakan charger dan EarPods dalam di dalam kotak.

Berdasarkan pantauan KompasTekno keterangan tersebut tidak hanya ditemukan di situs resmi Apple.com, melainkan juga di halaman resmi Apple Singapura, Hongkong, dan lokasi lain. Artinya, kebijakan tersebut diberlakukan Apple secara global.

Baca juga: iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Penjelasan Apple

"Gunakan headphone dan adaptor daya (charger) Apple yang ada atau beli aksesori ini secara terpisah," tulis Apple.

iPhone 11, iPhone XR, dan iPhone SE 2020 juga akan dijual tanpa charger dan earphone. Apple iPhone 11, iPhone XR, dan iPhone SE 2020 juga akan dijual tanpa charger dan earphone.

Nantinya, pembeli iPhone 11, iPhone SE 2020, dan iPhone XR hanya akan mendapatkan satu buah kabel converter USB-C dan satu buah unit ponsel saja dalam kotak pembelian.

Apple sengaja menghilangkan kedua aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Langkah tersebut, dikatakan Apple, dapat meminimalisasi aktivitas penambangan untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan aksesoris pelengkap smartphone.

Menurut Apple, perubahan ini dapat mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya yang setara dengan menghilangkan 450.000 unit mobil di jalan raya selama satu tahun.

Baca juga: iPhone 12 Meluncur, iPhone XR dan iPhone 11 Turun Harga

Vice President Apple, Lisa Jackson, juga mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 2 miliar adaptor charger di dunia. Menurut Lisa, saat ini semakin banyak pelanggan yang sudah beralih ke metode pengisian daya secara nirkabel.

Di samping itu, kotak penjualan iPhone 12 juga bisa dirancang seramping mungkin agar lebih ramah lingkungan. Sebab, kepala charger biasanya memiliki dimensi tebal dan memakan tempat.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Apple


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com