Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Dilaporkan Tumbang Pagi Ini

Kompas.com - 16/10/2020, 06:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Update: Layanan Twitter berangsur normal untuk sejumlah wilayah dan pengguna mulai pukul 07.30 WIB

KOMPAS.com - Layanan Twitter dilaporkan tumbang, Jumat (16/10/2020) pagi ini. Menurut laman downdetector.id, pengguna mulai melaporkan kesulitan mengakses Twitter sejak pukul 04.00.

Beberapa pengguna mengaku tidak bisa memperbarui lini masa (timeline) Twitter, sehingga mereka tidak bisa melihat konten terbaru. Sebagian besar dari mereka juga tidak bisa mengunggah twit.

"Twitter down lagi ya? Gabisa lihat apa-apa sama gak bisa tweet..," ujar pengguna bernama Elia di halaman Downdetector.

"Lagi-lagi twitter down, gak bisa ngetwit, dan juga gak bisa melihat apa," ujar pengguna lainnya.

Beragam keluhan juga mewarnai kolom komentar di akun resmi Twitter di Instagram. Sebagian besar mengaku mengalami hal yang sama.

Baca juga: Twitter Hapus Twit yang Doakan Donald Trump Meninggal karena Corona

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Twitter (@twitter) on Oct 13, 2020 at 9:57am PDT

"Apa yang terjadi dengan aplikasi Twitter?!," kata akun @mulesdidit.

"Kumohon kalian bisa memperbaiki Twitter. Aplikasinya sekarang tidak bisa dipakai," imbuh pengguna lainnya bernama @rosemmillen.

Pantauan KompasTekno di situs downdetector.id, laporan terkait tumbangnya layanan Twitter meningkat sejak sekitar pukul 04.00 WIB.

Laporan ini datang dari berbagai wilayah, mulai dari beberapa wilayah Eropa, Amerika, Jepang, Australia, hingga Indonesia.

Laporan pengguna terkait pemadaman Twitter di situs downdetector.id.KOMPAS.com/Bill Clinten Laporan pengguna terkait pemadaman Twitter di situs downdetector.id.
Benar saja, ketika dicoba, aplikasi dan situs Twitter.com tidak bisa dipakai untuk mengunggah kicauan.

Ketika KompasTekno mencoba mengunggah twit melalui aplikasi Twitter versi Android, muncul notifikasi yang menyatakan bahwa kicauan tersebut gagal dikirimkan.

Kemudian jika mengirim twit di situs Twitter versi mobile, bakal ada keterangan yang mengatakan bahwa twit tidak bisa dikirim lantaran "ada masalah", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur DM Berisi Pesan Suara

Ilustrasi tidak bisa kirim twit di aplikasi Twitter dan situs Twitter versi mobile.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi tidak bisa kirim twit di aplikasi Twitter dan situs Twitter versi mobile.
Aliran timeline pun terganggu. Sejumlah pengguna mengaku tidak bisa melihat konten terbaru di lini masa twitter.   

"Tidak bisa lihat timeline yang baru dari subuh. Tidak bisa load twit juga," ujar Alby, salah satu pengguna Twitter kepada KompasTekno.

Pihak Twitter pun saat ini mengatakan tengah memperbaiki masalah tersebut. Kendati demikian, pihak Twitter memastikan tidak ada aksi peretasan.

"Kami sedang berusaha mengaktifkan kembali. Kami mengalami beberapa masalah dengan sistem internal kami dan tidak ada bukti adanya pelanggaran keamanan atau peretasan," ungkap pihak Twitter.

Belum diketahui apa penyebab layanan Twitter tumbang.

Baca juga: Twitter Kini Punya Fitur Deskripsi untuk Menjelaskan Trending Topic


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com