Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek Siapkan Layanan E-commerce GoStore?

Kompas.com - 16/10/2020, 17:58 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gojek dikabarkan tengah menyiapkan produk baru bernama GoStore. Pengelolaan GoStore kemungkinan akan dilakukan bersama startup Moka yang telah diakuisisi Gojek awal 2020 lalu.

Moka sendiri adalah startup yang mengembangkan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. Kabar soal GoStore sempat muncul di laman web bantuan Moka, yang kini sudah tidak lagi ditemukan.

Namun, jejaknya masih tersimpan di cache internet yang ditemukan KompasTekno. Laman tersebut bisa dikunjungi lewat tautan berikut ini. Logo GoStore juga dengan jelas dipajang di laman bantuan tersebut.

Baca juga: Kabar Merger Gojek dan Grab Kembali Mencuat

Dalam laman itu disebutkan bahwa GoStore merupakan etalase online baru dari Gojek yang memungkinkan merchant berjualan di media sosial untuk menggaet lebih banyak konsumen.

"Dengan GoStore, Anda hanya perlu mengatur katalog melalui Moka dan mensikronkannya ke situs web dan berbagai media sosial Anda sendiri," tulis deskripsi laman tersebut.

Di laman tersebut juga dijabarkan manfaat GoStore, seperti cara menghubungkan website ke layanan GoStore, memperluas pasar, serta opsi pembayaran menggunakan GoPay, debit, atau kredit. Dikatakan pula bahwa produk juga bisa dikirimkan via GoSend.

KompasTekno telah menghubungi baik pihak Gojek maupun Moka untuk megonfirmasi hal ini. Namun keduanya belum memberikan penjelasan hingga berita ini ditayangkan.

Tangkapan layar laman bantuan Moka yang menampilkan informasi terkait GoStore, produk yang kemungkinan dioperasikan bersama Gojek. Laman ini sudah tidak lagi ditemukan namun masih tersimpan di cache internet.Moka Tangkapan layar laman bantuan Moka yang menampilkan informasi terkait GoStore, produk yang kemungkinan dioperasikan bersama Gojek. Laman ini sudah tidak lagi ditemukan namun masih tersimpan di cache internet.

GoStore sendiri kemungkinan menjadi tahap awal integrasi Gojek dan Moka setelah akuisisi. Kedua startup itu akan menggabungkan layanan seperti pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem point of sales (POS) untuk membantu pelaku UMKM bermigrasi ke sistem online, serta memperkecil jarak antara platform offline dan online.

Baca juga: Gojek Resmi Akuisisi Moka, Startup Penyedia Layanan Kasir Digital

Setelah akuisisi, Moka disebut tetap beroperasi sebagai entitas mandiri, yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek. Ekosistem itu terdiri dari GoBiz, Super App yang menaungi GoFood dan GoPay.

GoBiz sendiri merupakan SuperApp yang menaungi pemilik usaha dan memiliki lebih dari 500.000 mitra merchant di Indonesia. Hingga saat ini, Moka mengklaim memiliki 40.000 mitra pebisnis di 200 kota di Indonesia.

Moka menyediakan perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

Selain itu ada juga layanan-layanan lainnya seperti Midtrans, penyedia layanan pembayaran online terbesar di Indonesia, dan Spots, penyedia layanan pembayaran offline dan sistem POS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com