Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarak Samsung Makin Jauh dari Huawei

Kompas.com - 19/10/2020, 17:18 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung kembali menguasai pangsa pasar smartphone global pada kuartal II-2020, menurut firma riset Counterpoint ResearchPabrikan asal Korea Selatan itu juga semakin memperlebar jaraknya dengan Huawei di posisi kedua.

Samsung merengkuh 22 persen pangsa pasar smartphone global, sementara Huawei meraih 16 persen di periode yang sama. Selisih 6 persen itu menjadi yang terbesar antara Samsung dan Huawei sejak bulan Februari 2020.

Bulan April lalu, selisih keduanya hanya 1 persen, di mana Samsung menguasai 20 persen pangsa pasar dan Huawei 21 persen di urutan pertama. Ada beberapa faktor yang membuat performa Samsung meningkat.

Baca juga: Peluncuran Galaxy S21 Disebut Akan Menyalahi Tradisi Tahunan Samsung

Salah satunya didorong pasar India yang kembali bergairah usai karantina wilayah dibuka pada Juli dan Agustus. Selain itu, tensi politik antara India dan China yang berimbas pada produk China, juga disebut menguntungkan pabrikan non-China seperti Samsung.

Pemasaran via online juga turut mendongkrak penjualan Samsung. Samsung memang ingin memperkuat posisinya di India yang merupakan pasar smartphone kedua terbesar di dunia setelah China.

Selain itu, pemblokiran Huawei oleh pemerintah Amerika Serikat secara tidak langsung juga ikut mempengaruhi menurunnya penjualan Huawei.

Pangsa pasar smartphone global kuartal II-2020 versi Counterpoint Research.Counterpoint Research via GSM Arena Pangsa pasar smartphone global kuartal II-2020 versi Counterpoint Research.
Apple konsisten, Xiaoi meningkat

Masih dari laporan Counterpoint Research, posisi ketiga pasaran smartphone global diduduki Apple yang masih konsisten menguasai 12 persen pangsa pasar dari kuartal ke kuartal.

Kehadiran lini iPhone 12 diprediksi akan menggenjot penjualan Apple di kuartal berikutnya untuk melengkapi produk yang masih dijual di pasaran hingga saat ini seperti iPhone SE 2020 dan iPhone 11.

Posisi keemat dihuni Xiaomi dengan pangsa pasar 11 persen. Couterpoint Research mencatat bahwa Xiaomi terus meningkatkan pangsa pasar globalnya dan diprediksi akan terus tumbuh.

Baca juga: Xiaomi Dikabarkan Tertarik Beli Bisnis Ponsel Honor dari Huawei

Xiaomi dan Oppo bisa menjadi ponsel China alternatif yang bisa dibeli konsumen Eropa. Eropa sendiri sebelumnya menjadi salah satu pasar utama Huawei selain China.

"Kebijakan geopolitis dan masalah politik antar negara mempengaruhi pasar smartphone dengan berbagai cara," jelas Minsoo Kang, analis riset Counterpoint Research.

Kang menambahkan, di wilayah yang terjadi sentimen politik, akan ada peningkatan aktivitas pemasaran. Hal ini akan membuat persaingan vendor ponsel kelas atas semakin sengit.

"Kami melihat pemain seperti Samsung, Apple, Xiaomi, dan Oppo paling diuntungkan," lanjut Kang, dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (19/10/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com