Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Kini Punya Fitur Badges untuk Live Streaming

Kompas.com - 21/10/2020, 08:10 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Instagram resmi merilis fitur baru bernama Badges. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan kreator untuk memanen pendapatan dari penjualan lencana saat melakukan tayangan live streaming (Live Badges).

Fitur Badges diluncurkan Instagram sebagai bentuk dukungan kepada para content creator
serta membuka ladang monetisasi baru.

"Para konten kreator mayoritas mendedikasikan hidupnya lewat fitur ini (Instagram Live). Itu sangat penting bagi kami untuk memungkinkan mereka dapat menghasilkan uang dari konten yang mereka tampilkan," kata COO Instagram, Justin Osofsky dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ramai Posting 3x3 Instagram di Twitter, Begini Cara Ikutan

"Ini adalah upaya kami untuk menjadikan Instagram sebagai platform bagi para kreator konten untuk membagikan cerita mereka, meraup banyak followers, dan menghasilkan uang," lanjutnya.

Pada tahap awal peluncuran di bulan November mendatang, fitur Live Badges sementara baru akan tersedia untuk 50.000 content creator. Ada dua nama kreator yang dipilih Instagram untuk melakukan uji coba fitur Badges ini, yaitu @ronnebrown dan @youngezee.

Fitur Badges di Instagramtechcrunch.com Fitur Badges di Instagram

Fitur Badges dapat dibeli saat influencer atau konten kreator melakukan live streaming sebagai cara bagi followers mereka untuk menunjukkan dukungannya, mirip seperti fitur Tip yang ada di Twitch dan YouTube.

Ada tiga lencana yang bisa dibeli penonton, masing-masing seharga 0,99 dollar AS (sekitar Rp 14.500), 1,99 dollar AS (sekitar Rp 29.200), dan 4,99 dollar AS (sekitar Rp 73.200).

Ketiga lencana memiliki wujud yang berbeda. Lencana itu muncul di samping nama pembeli dan akan terpampang saat mereka memberi komentar ketika Instagram Live berlangsung. Komentar dengan lencana nantinya akan diprioritaskan dan naik ke daftar teratas.

Selain itu, Instagram kini mulai memperluas penayangan iklan pada IGTV ke lebih banyak pengguna khususnya para konten kreator.

Baca juga: Ternyata Begini Tampak Belakang Logo Klasik Instagram

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (21/10/2020), untuk saat ini, kreator mendapatkan bagi hasil 55 persen dari pemasukan yang dihasilkan oleh tayangan iklan di IGTV mereka.

Tujuan utama diluncurkannya kedua fitur tersebut bukanlah tanpa alasan. Sebab, selama masa pandemi berlangsung, banyak orang kini menghabiskan waktu mereka untuk bermain media sosial, termasuk Instagram.

Instagram mengatakan bahwa aktivitas para konten kreator turut mengalami peningkatan sekitar 70 persen mulai dari Februari hingga Maret 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com