Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Ponsel dengan Layar dan Kamera Terbaik 2020

Kompas.com - 26/10/2020, 16:21 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber First Post

KOMPAS.com - Situs benchmark DxOMark merilis daftar smartphone dengan performa layar dan kamera terbaik, untuk ponsel-ponsel yang dirilis sepanjang 2020.

Daftar tersebut dirilis setelah melakukan serangkaian pengujian, dan dinilai berdasarkan enam sub-sektor pengukuran, meliputi keterbacaan layar, warna, video, gerakan, sentuhan, dan artefak.

Layar terbaik

Berdasarkan pengujian, Galaxy Note 20 Ultra 5G duduk di peringkat pertama dengan skor 89 poin. Ponsel ini unggul berkat layar yang tingkat kecerahannya bisa beradaptasi dengan cahaya sekitar dengan baik.

Baca juga: Inikah Calon Ponsel Layar Lipat Xiaomi yang Mirip Galaxy Fold?

DxOMark turut mengklaim bahwa Galaxy Note 20 Ultra 5G memiliki refresh rate yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan pergerakan layar yang mulus.

Di urutan dua, OnePlus 8 Pro menyusul dengan perolehan skor 88 poin. Dengan selisih angka yang cukup kecil, Galaxy S20 Ultra menyusul di posisi ketiga dengan skor 87, diikuti iPhone 11 di peringkat keempat dengan skor 84 poin.

Adapun beberapa ponsel lainnya yang masuk ke dalam daftar ini terdiri dari TCL 10 Pro, Oppo Find X2 Pro, Xiaomi Mi 10 Ultra, Asus ROG Phone 3, dan Black Shark 3 Pro.

Daftar 9 ponsel dengan performa layar terkencang yang dirilis di tahun 2020 versi DxOMarkDxOMark Daftar 9 ponsel dengan performa layar terkencang yang dirilis di tahun 2020 versi DxOMark

DxOMark juga menemukan fakta bahwa panel berjenis OLED tidak selalu lebih unggul jika dibandingkan dengan panel layar LCD. Disebutkan bahwa layar berbasis panel OLED memiliki kontras cahaya yang tidak jauh lebih baik dibanding panel LCD.

Namun terlepas dari temuan tersebut, kesembilan ponsel flagship yang ada di daftar teratas itu semuanya mengusung layar jenis OLED.

Kamera terbaik

Selain merilis deretan ponsel dengan layar terbaik, DxOMark turut merilis daftar 10 smartphone dengan kamera terbaik. Pengujian ini turut dilakukan pada ponsel-ponsel yang dirilis sepanjang tahun 2020.

Baca juga: Daftar Ponsel Terkencang Agustus 2020 Versi AnTuTu, Xiaomi Mi 10 Ultra Teratas

Dari hasil pengujian yang dilakukan DxOMark, dua ponsel besutan pabrikan China, yakni Xiaomi Mi 10 Ultra dan Huawei P40 Pro, berada di urutan dua teratas dengan skor berdekatan, masing-masing 133 dan 132 poin.

Daftar ponsel dengan performa kamera terbaik yang dirilis di tahun 2020 versi DxOMarkDxOMark Daftar ponsel dengan performa kamera terbaik yang dirilis di tahun 2020 versi DxOMark

Posisi ketiga ditempati oleh dua vendor, Xiaomi Mi 10 Pro dengan skor 128 poin, disusul Oppo Find X2 Pro dan Samsung Galaxy S20 Ultra yang sama-sama memiliki skor 126 poin.

Bertengger di urutan kelima, ponsel flagship iPhone 11 Pro Max berhasil mendapatkan skor 124 poin dan Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G di bawahnya dengan skor 116 poin.

Baca juga: Kamera Telefoto Baru di iPhone 12 Pro Max, Bisakah Menyaingi Android?

Xiaomi Mi 10 Ultra dianggap memiliki performa kamera terbaik oleh DxOMark, karena dianggap mampu menghasilkan foto wide angle dan zoom yang sama bagus.

Namun untuk urusan video, Huawei P40 Pro dinilai lebih unggul karena kualitas video yang dihasilkan disebut lebih mumpuni.

iPhone 11 Pro Max berhasil masuk ke dalam urutan lima besar, karena memiliki fitur preview (pratinjau) yang lebih baik di antara ponsel-ponsel lainnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari First Post, Senin (26/10/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber First Post


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com