Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Luncurkan Fitur Pelacak Perangkat Galaxy yang Hilang

Kompas.com - 02/11/2020, 14:48 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi penghubung perangkat pintar besutan Samsung, SmartThings, memiliki fungsi untuk mengontrol beragam smart device di dalam rumah dalam satu wadah.

Kini, aplikasi yang diluncurkan sekitar tahun 2015 tersebut semakin "pintar". Pasalnya, Samsung baru saja meluncurkan fitur baru bernama SmartThings Find di dalam aplikasi SmartThings.

Seperti namanya, fitur SmartThings Find bisa mencari dan melacak aneka perangkat pintar Samsung selain smartphone yang terhubung dengan aplikasi SmartThings, misalnya Galaxy Watch atau Galaxy Buds, dengan mudah.

Pengguna juga bisa melihat di mana perangkat tersebut berada melalui lokasi di peta berikut alamat dan titik lokasi, sehingga memudahkan mereka yang lupa menaruh perangkatnya.

Baca juga: Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global di Kuartal-III 2020

Fitur ini mengandalkan dua teknologi utama, yakni Bluetooth Low Energy (BLE) dan Ultra-wideband (UWB), di samping menggunakan koneksi seluler dan hotspot.

Dengan adanya BLE dan UWB, perangkat masih bisa dicari meski tidak tersambung dengan koneksi internet.

"Memanfaatkan teknologi BLE dan UWB terbaru, SmartThings Find akan membuat Anda tidak terlalu stres ketika harus mencari perangkat Galaxy yang salah tempat,” kata Jaeyeon Jung, Vice President and Head of SmartThings Team, Mobile Communications Business Samsung Electronics.

Perangkat akan mengirimkan sinyal ke perangkat Galaxy terdekat lainnya lewat Bluetooth, apabila perangkat yang dicari offline selama kurang lebih 30 menit.

Lalu, perangkat Galaxy terdekat yang menerima sinyal Bluetooth tersebut bakal mengirimkan lokasi perangkat Galaxy yang memancarkan sinyal BLE tersebut ke server Samsung.

Setelah itu, pengguna bisa menerima lokasi perangkat mereka yang hilang lewat notifikasi, meski perangkat yang sedang dicari offline.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Bakal Dijual Tanpa Charger?

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna wajib masuk ke dalam akun Samsung. Setelah itu, aplikasi akan bisa memandu pengguna untuk melacak perangkat yang ingin dicari atau hilang.

Untuk ketersediaan, fitur SmartThings Find sendiri sudah mulai disebar Samsung secara global melalui pembaruan (update) aplikasi SmartThings yang bisa diunduh di Galaxy Store atau Google Play Store.

Adapun fitur ini bakal tersedia untuk seluruh perangkat Samsung yang menjalankan sistem operasi Android 8 ke atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SamsungNewsroom, Senin (2/11/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com