Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Instagram Stories Foto PlayStation 5 di Rumah, Begini Cara Bikinnya

Kompas.com - 03/11/2020, 17:01 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apabila Anda tengah melihat-lihat Instagram Stories kerabat Anda dan menemukan ada foto kotak penjualan (retail box) PlayStation 5 (PS5) yang tampak asli dengan latar belakang rumah mereka, jangan terkecoh.

Sebab, gambar tersebut merupakan filter Augmented Reality (AR) di Instagram Stories berjudul "PS5 BOX" yang dibuat oleh kreator Instagram bernama @aroneverything.

Menariknya, filter AR ini terbilang mirip dengan kotak penjualan PS5 asli yang sempat dipamerkan oleh sejumlah pengulas gawai semacam Marques Brownlee (MKBHD) beberapa waktu lalu.

Sehingga, tak aneh apabila banyak orang yang tertipu dan kaget dengan pengguna yang memamerkan PS5 menggunakan filter Instagram Stories tadi. Apalagi, konten yang menerapkan filter ini marak beredar di Stories.

Baca juga: Lokasi Posting Instagram Stories Bisa Dilihat di Peta, Begini Caranya

PS5 sendiri baru akan dirilis 12 November mendatang, sehingga tidak mungkin sudah berada di tangan konsumen umum di luar YouTuber dan pengulas gadget, apalagi sampai memamerkan kotak kemasannya.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba filter AR Instagram buatan @aroneverything ini untuk sedikit bercanda atau pura-pura pamer kepada teman Anda. Lantas, bagaimana cara menggunakan filter tersebut?

Cara menggunakan filter PS5 di Instagam

Ilustrasi cara memunculkan kotak PS5 lewat filter Instagram Story.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi cara memunculkan kotak PS5 lewat filter Instagram Story.

Untuk menjajal filter ini, pastikan Anda memasang aplikasi Instagram dan masuk menggunakan akun Anda. Lalu, klik tautan berikut di smartphone Anda untuk langsung mencoba filter kotak PS5 ini.

Selanjutnya, pilih di mana kotak PS5 akan diletakkan dengan cara meng-klik area yang diinginkan. Misalnya, jika ingin meletakkan PS5 di atas meja, maka Anda perlu meng-klik satu titik pada area di atas meja.

Baca juga: PlayStation 5 Dapat Sertifikat Postel, Kapan Dijual di Indonesia?

Setelah meng-klik area tersebut, Anda lantas bisa memperbesar atau memperkecil kotak PS5 ini sesuai dengan keinginan, entah itu kecil seperti botol minum, atau besar hingga menyerupai aslinya.

Anda juga bisa memindahkan kotak PS5 tersebut ke beragam area di dalam ruangan, sehingga posisinya bisa diatur-atur sesuka hati agar semakin terlihat nyata.

Terakhir, tekan tombol "PS5" di bagian tengah dan lantas klik tombol "Send to" dan "Share" untuk mengirimkan gambar kotak PS5 yang sudah Anda "dapatkan" lewat Instagram Stories.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com