Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Patenkan Desain Ponsel Layar Gulung

Kompas.com - 06/11/2020, 09:16 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - LG baru saja meluncurkan salah satu ponsel terbarunya, yakni LG Wing pada September lalu. Ponsel ini hadir dengan dua layar yang bisa diputar hingga 90 derajat.

Usai meluncurkan ponsel unik tersebut, LG berencana untuk menciptakan ponsel lain dengan desain dan inovasi terbaru yang berbeda.

Pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu diketahui tengah mengajukan sebuah paten desain ponsel dengan layar OLED yang dapat digeser. Paten tersebut pertama kali diketahui oleh halaman LetsGoDigital.

LG sendiri telah mengajukan paten yang dimaksud sejak Agustus 2019. Kantor hak paten Amerika Serikat (USPTO) menerbitkan dokumen paten yang diajukan pada September 2020.

Baca juga: LG Luncurkan K92, Ponsel 5G Kelas Menengah

Berdasarkan rangkaian gambar yang tercantum dalam dokumen paten, ponsel tersebut akan mengusung layar dengan material yang fleksibel, sehingga layar dapat digulung ke dalam dan keluar perangkat.

Paten ponsel layar geser LGLG Paten ponsel layar geser LG
Dalam posisi normal, ponsel ini terlihat seperti ponsel pada umumnya. Akan tetapi ketika dibentangkan, ponsel bakal memiliki ukuran yang besar dan terlihat menyerupai sebuah perangkat tablet.

Berbeda dengan ponsel lipat yang mengusung engsel di bagian tengah, ponsel layar gulung ini nantinya akan dibekali dengan engsel ditanamkan di kedua samping ponsel.

Setelah dibentangkan, layar dapat kembali digulung ke dalam ponsel. Gulungan layar tersebut akan disimpan di dalam bingkai bagian kiri dan kanan ponsel.

Baca juga: Penampakan LG Wing, Ponsel dengan Layar Kedua yang Bisa Diputar

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (6/11/2020), dengan menggunakan layar yang dapat digulung, LG dapat menghemat ruang dan memangkas ketebalan ponsel.

Karena masih berupa paten, belum diketahui apakah LG akan benar-benar mewujudkan ponsel dengan layar gulung ini. Namun, sejumlah rumor mengatakan bahwa ponsel ini akan hadir tahun depan.

Sama seperti LG Wing yang dirilis beberapa waktu lalu, ponsel layar gulung LG ini merupakan bagian dari Project Explorer yang diinisiasi LG. Belum diketahui nama maupun spesifikasi lain dari ponsel layar gulung ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com