Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 14.2 dan iPadOS 14.2, Ada 100 Emoji Baru

Kompas.com - 06/11/2020, 12:31 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple akhirnya merilis pembaruan iOS 14.2 dan juga iPadOS 14.2, masing-masing untuk perangkat iPhone, AirPod dan iPad. Sejumlah fitur baru dihadirkan lewat update software ini.

Salah satu yang paling menarik adalah hadirnya 100 emoji baru. Di antara deretan emoji anyar, terdapat gambar organ jantung dan paru-paru, ninja, hingga beragam hewan serta serangga.

Baca juga: Empat Fitur Baru Google yang Hadir di iOS 14

Pengguna juga akan kedatangan delapan wallpaper baru yang menampilkan pemandangan alam. Apple juga menambahkan fungsi Shazam yang kini dapat diakses malalui menu Control Center.

Shazam merupakan aplikasi populer yang bisa dipakai untuk menebak judul lagu dan penyanyinya hanya dengan mendengarkan penggalan audio. Shazam juga bisa mengenali serial televisi atau film hanya berdasar fragmen visual.

Deretan emoji yang hadir pad iOS 14.29to5mac Deretan emoji yang hadir pad iOS 14.2

iOS 14.2 turut hadir dengan fitur pengisian daya baterai untuk AirPods dan AirPods Pro. Fitur ini diklaim dapat memperpanjang waktu penggunaan baterai earphone nirkabel itu.

Apple turut berfokus untuk memudahkan para penggunanya, khususnya bagi para penyandang tunanetra atau penyandang gangguan penglihatan.

Perusahaan yang berkantor di Cupertino itu kini menghadirkan fitur pendeteksi objek yang ditanamkan pada sensor Lidar iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Baca juga: Apa Itu LiDAR dan Kegunaannya di iPhone 12 Pro?

Dihimpun KompasTekno dari CNet, Jumat (6/11/2020), fitur tersebut diklaim dapat mendeteksi objek, khususnya manusia, dalam radius jarak 4,5 meter dari ponsel.

Lebih lanjut, fitur pendeteksi tersebut dikatakan mampu memberikan peringatan kepada penggunanya, seperti memberitahu kapan harus berjalan ke depan saat sedang berdiri di dalam antrean.

Selebihnya, pembaruan iOS 14.2 memperbaiki bug pada beberapa fitur. Biasanya, pembaruan bisa didapatkan secara otomatis. Hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi khusus di perangkat.

Namun apabila tidak mendapatkannya, pengguna bisa memperbarui sistem secara manual. Caranya, pengguna dapat mengakses menu Settings > General > Software update.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com