Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Pesan di Google Message Bisa Dijadwal

Kompas.com - 06/11/2020, 14:13 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Android tentu tak asing dengan Google Messages. Aplikasi untuk mengirim SMS ini biasanya sudah tersedia secara default di dalam perangkat Android.

Setelah menghadirkan fitur Rich Communication Services (RCS) yang membuatnya bisa berkirim pesan secara gratis, Google kembali memperkaya fitur Messages miliknya.

Google kini mulai merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat menjadwalkan pesan yang ingin dikirim pada waktu tertentu.

Fitur bernama "Schedule Message" ini mempermudah pengguna untuk mencegah pesan-pesan penting yang sekiranya lupa terkirim.

Dengan begitu, pengguna bisa mengatur pesan sesuai tanggal dan waktu yang dikehendaki menggunakan fitur ini. Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis.

Fitur penjadwalan pesan ini pertama kali diungkap oleh seorang pengguna bernama Sai Reddy di media sosial Twitter.

Baca juga: SMS di Android Bisa Dipakai Chatting Seperti WhatsApp, Begini Caranya

Dalam kicauannya, Reddy membagikan tangkapan layar yang menampilkan opsi pengaturan untuk menjadwalkan pesan berikut keterangan waktu yang tersedia.

Untuk menjadwalkan pesan di Google Message pun caranya mudah. Setelah mengetik pesan di ruang obrolan, tahan tombol kirim hingga muncul pop-up "Schedule Message". Kemudian atur waktu yang dikehendaki seperti tanggal, hari, dan jam.

Fitur Schedule Message di aplikasi Google Messageandroidcentral.com Fitur Schedule Message di aplikasi Google Message
Setelah pengaturan waktu selesai, lalu tekan tombol "Save" dan pesan akan otomatis terjadwalkan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (6/11/2020).

Penjadwalan pesan nantinya akan muncul tepat di atas kolom teks. Sebagai penanda, pesan yang dijadwalkan akan dilengkapi dengan ikon jam di samping kiri kolom teks.

Baca juga: SMS Spam Bisa Dilaporkan ke Kominfo, Begini Caranya

Fitur Schedule Message di aplikasi Google Messageandroidcentral.com Fitur Schedule Message di aplikasi Google Message
Untuk mengecek kembali isi pesan, ketuk ikon jam tersebut, lalu akan muncul pesan-pesan yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Schedule Message merupakan fitur baru yang belum ada di aplikasi Google Messages.

Meskipun fitur ini belum tersedia secara luas, media teknologi Xda-developer menemukan bahwa APK terbaru Google Messages sudah menyertakan kode untuk fitur tersebut.

Dengan demikian besar kemungkinan fitur ini akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa pekan ke depan.

Sebagai catatan, fitur ini dapat digunakan untuk SMS biasa dan tidak memerlukan RCS, seperti beberapa fitur lain yang tersedia di aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com