Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sega Jual Bisnis Game Arcade Imbas Pandemi Covid-19

Kompas.com - 09/11/2020, 07:03 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Perusahaan konsol game asal Jepang, Sega kabarnya akan menjual bisnis arcade mereka kepada Genda Inc. Sega mengumumkan bahwa pihaknya sepakat menjual 85,1 persen saham dari bisnis game arcade bernama Sega Entertainment itu.

Genda Inc merupakan perusahaan penyedia jasa penyewaan sarana tempat hiburan yang berbasis di Tokyo, Jepang. Pandemi Covid-19 disebut sangat berdampak terhadap Sega sehingga memutuskan untuk menjual bisnis tersebut.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-60, Sega Bagi-bagi Game Gratis

Game arcade adalah mesin permainan yang dioperasikan dengan koin. Biasanya mesin game ini dipasang di tempat-tempat umum seperti restoran, bioskop, atau pusat hiburan.

Nantinya Genda Inc akan mengambil alih sekitar 200 mesin game arcade, namun tetap mempertahankan nama dan merek Sega.

Meski telah menjual salah satu saham Sega Entertainment, namun bukan berarti bisnis game arcade perusahaan itu akan lenyap begitu saja.

Kepada situs berita Famitsu, Sega mengatakan bahwa pelanggan masih bisa mengunjungi tempat hiburan untuk bermain game arcade.

Baca juga: Sega Rilis Ulang Konsol Mungil Game Gear Micro

"Kami juga akan terus mengembangkan game arcade. Namun untuk saat ini kami akan fokus pada pengembangan bisnis konsol video game rumahan yang diharapkan akan bertumbuh di masa depan," ungkap Sega dalam sebuah pernyataan.

Penjualan unit bisnis Sega Entertainment dilakukan setelah sebelumnya Sega menutup Akihabara Building 2 pada Agustus 2020 lalu, juga akibat pandemi Covid-19.

Sebagaimana dhimpun KompasTekno dari Ubergizmo, Sabtu (7/11/2020), Sega diprediksi akan mengalami kerugian sekitar 191 juta Dollar AS (sekitar Rp 2,7 triliun) pada akhir tahun fiskal 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com